Article & Tips

Waspada, Jenis Bakteri Ini Ada di Rumah Anda
Tuesday, 04 July 2017

Waspada, Jenis Bakteri Ini Ada di Rumah Anda

Secara alami, bakteri dan virus selalu ada di sekitar kita. Gawatnya, sebagian dari bakteri dan virus itu merupakan kuman penyebab penyakit. Jika daya tahan tubuh Anda dan keluarga sedang menurun, bisa-bisa satu per satu anggota keluarga tertular penyakit dari kuman yang tersebar di area rumah sendiri! Nggak mau kan ini terjadi? Salah satu cara menghindarinya adalah dengan rajin membersihkan rumah secara teratur. Jika Anda rajin membersihkan lantai dengan cairan anti bakteri, persebaran kuman dan virus pun bisa dicegah. Termasuk kuman penyakit jahat berikut ini :

S. aureus

Lantai dan furnitur yang kotor dan berdebu menyimpan banyak bakteri, namun Anda harus lebih waspada pada munculnya S. aureus. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi pada berbagai organ tubuh. Penyakit yang terjadi pun beragam, mulai dari yang ringan seperti penyakit kulit, jerawat, abses, gangguan pencernaan, mual, muntah; sampai yang parah seperti meningitis dan pneumonia. Pada ibu menyusui, dapat terjadi juga mastitis alias peradangan pada payudara dan saluran ASI. Inilah sebabnya mengapa lantai dan furnitur harus dibersihkan secara berkala. Selalu ingat juga untuk cuci tangan setelah menyentuh permukaan yang kotor.

P. aeruginosa

Bakteri satu ini suka pada kondisi lembab. Makanya P. aeruginosa sering ditemui di permukaan lantai kamar mandi, peralatan mandi, kolam renang, bath tub , dan wastafel. Saat sistem kekebalan tubuh kita lemah, bakteri ini dapat menyebabkan penyakit serius. Contohnya gangguan pada pencernaan, pernafasan, bahkan pada sistem syaraf pusat. Untuk itu, bersihkan kamar mandi dan toilet paling tidak dua kali dalam seminggu untuk menyapu bersih kuman dan virus yang bersarang.

E. coli

Bakteri ini umum ditemukan di peralatan dapur dan makanan yang tidak higienis. Jika kamu terkena diare, keram perut, hingga mual dan muntah, kemungkinan besar kamu sudah terjangkit E. coli. Mungkin kamu akan disarankan untuk tes laboratorium untuk melacak bakteri ini. Jika kamu terkena diare, keram perut, hingga mual dan muntah, kemungkinan besar kamu sudah terjangkit E. coli. Mungkin kamu akan disarankan untuk tes laboratorium untuk melacak bakteri ini. Lebih sering bersihkan lantai dapur dan ruang makan untuk mengurangi penyebaran kuman ini.

S. typhimurium

Bakteri golongan Salmonella memang sering mengakibatkan penyakit pada manusia. Apalagi bakteri yang satu ini. S. typhimurium adalah bakteri penyebab demam tifus yang bisa menyebabkan kematian. Penyebarannya dapat melalui cairan, makanan, atau minuman yang terkontaminasi. Sehingga biasanya di rumah bisa ditemukan di kloset kamar mandi, tempat sampah, dan peralatan makan yang tak bersih. Anda dan buah hati mungkin terkena tifus jika menunjukkan gejala demam tinggi menjelang sore, mual, lemas, dan linu persendian.

Agar Anda dan keluarga tetap terhindari dari penularan dan penyebaran bakteri serta virus di atas, selalu utamakan kebersihan di rumah tinggal. Bersihkan lantai rumah Anda setiap hari dengan cairan pembersih  seperti SOS Pembersih Lantai Anti Bacterial yang telah teruji klinis ampuh 99% membasmi kuman!

Related Articles

Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?