Article & Tips

Menggunakan Karbol Sereh dengan Aman untuk Kesehatan Keluarga
Tuesday, 12 September 2023

Menggunakan Karbol Sereh dengan Aman untuk Kesehatan Keluarga

Menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satu caranya adalah dengan rutin menyapu dan mengepel lantai rumah. Simak cara menggunakan karbol untuk membersihkan rumah dengan aman berikut ini.

1. Membersihkan toilet

Cukup dengan menuangkan karbol di beberapa titik mulai dari lantai toilet, closet toilet, lubang air, dan di setiap sudut ruangan, kemudian menyikatnya hingga bersih, maka toilet bisa kembali bersih dan wangi.

2. Membersihkan kandang hewan peliharaan

Karbol wangi sereh juga bisa digunakan untuk membersihkan kandang hewan peliharaan setiap dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan keluarga dan juga hewan peliharaan dari ancaman penyakit yang timbul akibat kotoran, air kencing, atau bulu yang menempel di kandang yang juga bisa memicu alergi.

3. Membersihkan garasi mobil

Selanjutnya, manfaatkan karbol wangi untuk membersihkan garasi di rumah. Caranya adalah dengan menuangkannya ke beberapa titik di garasi, lalu menyikatnya hingga bersih. Bahkan, aroma kesegarannya pun bisa menghilangkan bau pengap dan tidak sedap yang berasal dari tumpukan barang di garasi, oli dan bensin yang menetes dari mobil, hingga kencing hewan pengganggu seperti tikus dan kecoa.

Baca Juga: Benarkah Karbol Sereh Dapat Membantu Mengusir Kecoa di Mobil?

4. Membersihkan tempat sampah di rumah

Cara menjaga kesehatan keluarga adalah memastikan kualitas udara di rumah berada dalam kondisi yang baik, yaitu dengan rutin mencuci tempat sampah menggunakan karbol wangi dan menyikatnya hingga bersih. Setelah itu, jemur atau biarkan hingga mengering sebelum menggunakannya kembali. Sebagai perlindungan ganda, Moms bisa melapisi tempat sampah menggunakan plastik, sehingga sampah tidak berceceran dan meninggalkan kotoran maupun cairan yang nantinya bisa menimbulkan bau tidak sedap.

5. Mengusir serangga

Sensasi keharuman alami yang menenangkan dari karbol sereh juga ampuh mengusir serangga seperti semut dan kecoa di rumah, terutama di bagian toilet maupun kamar mandi. Hal ini karena sereh memiliki kandungan bahan aktif citronella dan geraniol yang sangat tidak disukai oleh serangga.

Melihat banyaknya manfaat karbol wangi khususnya aroma sereh di atas, maka pastikan untuk menjaga kebersihan dan menciptakan suasana rumah yang segar dengan menggunakan produk pilihan seperti SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Selain aromanya yang wangi dan ampuh mengusir serangga, karbol sereh juga berperan membunuh kuman yang ada dilantai hingga 99%. Kuman tersebut termasuk S. Aures (penyebab masalah pada kulit), E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan), P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan), dan S. Typhimurium (penyebab demam tifus). Lengkap banget!

Tips menyimpan karbol sereh

Menyimpan karbol dengan aman di rumah merupakan hal penting untuk mencegah kecelakaan dan menjaga keamanan keluarga. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Moms ikuti untuk menyimpan karbol dengan aman:

  1. Pembersih lantai harus disimpan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Idealnya, letakkan pembersih lantai di rak yang tinggi atau dalam lemari dengan kunci.
  2. Jika Anda memiliki anak kecil, letakkan tanda peringatan di dekat tempat penyimpanan pembersih lantai untuk mengingatkan orang tua dan pengasuh tentang bahaya.
  3. Lebih baik menyimpan pembersih lantai dalam wadah asli yang dirancang khusus untuk produk tersebut. Wadah ini memiliki penutup yang aman dan mengurangi risiko tumpahan.
  4. Hindari menyimpan karbol sereh di tempat yang panas atau lembap, seperti garasi atau dekat sumber panas. Sebab suhu yang terlalu tinggi atau lembap dapat merusak bahan kimia dalam karbol dan meningkatkan risiko kebakaran.
  5. Sinar matahari langsung dapat merusak kemasan dan bahan kimia dalam pembersih lantai. oleh karena itu, simpan pembersih lantai di tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  6. Pastikan pembersih lantai tidak disimpan dekat dengan makanan atau peralatan dapur. Ini dapat mencegah kontaminasi makanan yang tidak disengaja.
  7. Jika Anda membawa pembersih lantai dalam kendaraan, pastikan untuk mengunci botol dengan rapat dan letakkan di dalam wadah tertutup. Hindari meninggalkan pembersih lantai di dalam kendaraan dalam suhu yang sangat panas.
  8. Jangan mencampurkan berbagai jenis pembersih lantai ke dalam satu botol, karena hal ini dapat menciptakan reaksi berbahaya.
  9. Selalu baca label produk dan ikuti petunjuk penyimpanan yang diberikan oleh produsen. Beberapa produk mungkin memiliki persyaratan penyimpanan yang berbeda.
  10. Hindari menyimpan pembersih lantai bersamaan dengan bahan berbahaya lainnya seperti amonia atau pemutih, yang dapat menciptakan reaksi berbahaya jika tercampur.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan

Related Articles

Pentingnya Hand Sanitizer Food Grade untuk Sehari-hari
Pentingnya Hand Sanitizer Food Grade untuk Sehari-hari