Article & Tips

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan
Monday, 04 September 2023

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan

Menjaga kesehatan kulit tubuh selama musim hujan menjadi hal yang penting dilakukan. Sebab cuaca yang lembap dan dingin membuat kulit cenderung lebih kering dan rentan mengalami iritasi. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit tubuh selama musim hujan:

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Hal yang perlu diingat adalah bahwa musim hujan tidak mengurangi kebutuhan akan cairan. Oleh karena itu, tetap hidrasi tubuh dengan minum air mineral setidaknya delapan gelas per hari untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Mandi dengan Suhu Air Hangat atau Suhu Normal

Mandi dengan air panas dalam cuaca dingin mungkin nyaman, tetapi hal ini justru dapat membuat kulit semakin kering karena kehilangan kelembapannya. Alangkah baiknya apabila mandi dengan air hangat atau air bersuhu ruangan untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kulit menjadi kering.

3. Mandi dengan sabun yang lembut

Sabun yang mengandung bahan kimia yang keras dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kekeringan. Maka dari itu, sebaiknya pilih sabun yang lembut, tidak membuat kulit kering untuk membersihkan kulit tanpa membuatnya menjadi kering dan pecah-pecah, seperti:

  • SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Hal ini karena SOS Antibacterial Body Wash Gentle Clean dilengkapi kandungan susu yang dapat menjaga kelembutan kulit serta memberikan aroma yang menyegarkan dan tahan lama.

  • SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang sudah teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Kandungan Lavender Scent di dalam SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean memberikan wangi yang menenangkan seperti aromaterapi wangi dan tahan lama.

4. Rutin menggunakan pelembap kulit tubuh

Penggunaan pelembap setelah mandi juga hal yang sangat disarankan, terutama pada kulit yang cenderung kering. Pelembap membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit pecah-pecah.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Lembap dan Lembut

5. Kenakan pakaian yang tepat

Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca. Pastikan untuk melindungi kulit Anda dari dingin dan kelembapan dengan memakai pakaian yang hangat. Bila perlu, gunakan pakaian berlapis (jaket) untuk memberikan kehangatan lebih.

6. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama makanan sumber protein berkualitas tinggi sebagai sumber tenaga, meningkatkan kekebalan tubuh selama musim hujan, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain protein, konsumsi juga makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, dan nutrisi penting untuk menjaga kulit dalam kondisi terbaik.

7. Mengaplikasikan tabir surya

Walaupun musim hujan, sinar UV masih dapat merusak kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama jika banyak beraktivitas di luar ruangan.

8. Pertimbangkan untuk menggunakan humidifier

Jika udara dalam ruangan sangat kering, pertimbangkan untuk menggunakan humidifier. Ini dapat membantu menjaga kelembapan di dalam ruangan dan kulit.

Jaga kesehatan kulit tubuh selama musim hujan dengan merawatnya dengan baik dan mengikuti langkah-langkah perlindungan di atas. Perhatikan perubahan dalam kondisi kulit dan segera konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah kulit yang serius atau berkelanjutan.

Artikel Lainnya: Sudah Mengepel Lantai Dua Kali Sehari Tapi Masih Bau Amis?

Related Articles

Menggunakan Karbol Sereh dengan Aman untuk Kesehatan Keluarga
Menggunakan Karbol Sereh dengan Aman untuk Kesehatan Keluarga