Article & Tips

Benarkah Karbol Sereh Dapat Membantu Mengusir Kecoa di Mobil?
Tuesday, 24 January 2023

Benarkah Karbol Sereh Dapat Membantu Mengusir Kecoa di Mobil?

Bisa dibilang bahwa kecoa merupakan salah satu jenis serangga yang paling banyak dibenci oleh masyarakat. Tak hanya sering muncul di dalam rumah, terutama area kamar mandi dan ruangan lembap lainnya, kecoa juga banyak ditemukan bersarang di dalam mobil.

 

Penyebab munculnya kecoa di dalam mobil

Kemunculan kecoa di dalam mobil dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang tidak bersih berikut ini.

  1. Menyimpan sisa makanan di dalam mobil dalam waktu yang lama.
  2. Jarang bahkan tidak pernah menjaga kebersihan interior mobil.
  3. Menyimpan atau memarkir mobil di area yang lembap atau memungkinkan kecoa masuk, seperti dipinggir selokan, parkiran umum yang tidak bersih, atau kondisi garasi yang terlalu lembap, kotor, dan banyak tumpukan barang bekas.
  4. Membiarkan mobil dalam kondisi jendela terbuka saat parkir di area yang kotor.

 

Bahaya serangga kecoa bagi kesehatan tubuh manusia

Selain tak sedap dipandang dan membuat geli, kemunculan kecoa juga seringkali menimbulkan aroma yang tidak sedap serta berpotensi menimbulkan beberapa risiko kesehatan berikut ini.

  1. Penyebaran kuman penyebab penyakit. Sebab kecoa membawa bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti tifus, hepatitis, kolera, dan sebagainya.
  2. Reaksi alergi hingga gejala asma akibat kotoran dan sisa-sisa tubuh kecoa bisa menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal dan ruam pada kulit, serta masalah saluran pernapasan hingga asma pada anak-anak.
  3. Risiko keracunan makanan, penyakit difteri atau muntah mencret akibat bakteri yang menempel pada makanan yang dihinggapi kecoa.

 

Cara mengusir kecoa di dalam mobil

  1. Hindari makan dan menyimpan sisa makanan di dalam mobil. Sebab sisa makanan seperti remahan dalam ukuran yang sangat kecil dapat menarik kecoa untuk datang.
  2. Menjaga kebersihan dan kerapihan mobil dengan tidak menyimpan atau menumpuk berbagai macam barang di dalam mobil, terutama di bagian bagasi.
  3. Menghindari parkir di tempat-tempat yang kotor dan memungkinan kecoa untuk berkembangbiak.
  4. Menutup jendela dan pintu mobil dengan benar. Pastikan kedua celah ini sudah rapat sebelum Anda meninggalkannya, sebab ventilasi AC juga menjadi salah satu cara kecoa masuk ke dalam mobil.
  5. Membersihkan mobil secara teratur dan mendalam, misalnya dengan mencuci mobil dan melakukan beberapa hal seperti:
  • Tidak meninggalkan sampah, terutama bungkus makanan di dalam mobil. Sebab kecoa juga dapat memakan sampah.
  • Menggunakan jasa penyemprotan untuk membasmi kecoa dan serangga lain yang berkembangbiak di dalam mobil dengan lebih optimal.
  • Menyedot debu dan kotoran yang ada di antara jok mobil dan sisi pintu, dashboard, bawah karpet mobil, dan bagian bagasi.
  • Membersihkan karpet mobil dengan cara menyikatnya menggunakan karbol seperti  SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Selain aromanya yang wangi dan ampuh mengusir serangga, karbol sereh juga berperan membunuh kuman penyebab penyakit, seperti S. Aures (penyebab masalah pada kulit), E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan), P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan), dan S. Typhimurium (penyebab demam tifus) yang dibawa oleh kecoa.
  1. Membersihkan garasi mobil menggunakan SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Selain bisa menghilangkan tidak sedap yang berasal dari tumpukan barang di garasi, oli dan bensin yang menetes dari mobil, aroma kesegarannya pun dapat mencegah datangnya serangga seperti tikus dan kecoa.

Related Articles

Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?