Article & Tips

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Agar Tidak Gatal dan Kering
Wednesday, 15 February 2023

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Agar Tidak Gatal dan Kering

Merasakan sensasi kulit yang gatal dan kering tentu rasanya sangat menyebalkan. Apalagi jika keluhan ini datang secara tiba-tiba saat kita sedang beraktivitas. Pada umumnya, rasa gatal ini bisa terjadi akibat beberapa hal, mulai dari gigitan serangga, biang keringat, paparan debu, hingga kemungkinan alergi terhadap produk perawatan kulit yang dipakai. Nah, agar kedepannya Anda tidak perlu lagi merasa terganggu akibat gatal, simak cara menjaga kesehatan kulit tubuh berikut ini.

 

1. Usap perlahan bagian yang gatal

Alih-alih menggaruknya secara kasar, Anda bisa menghilangkan rasa gatal dengan mengusap area kulit yang terasa gatal secara lembut dan perlahan. Selain membuat Anda merasa lebih nyaman, cara ini dapat membantu meringankan rasa gatal tanpa menimbulkan luka.

 

2. Gunakan pakaian dengan bahan yang tidak menyebabkan gatal

Rasa gatal yang Anda rasakan juga bisa muncul akibat pakaian yang digunakan terbuat dari bahan wol dan nilon. Kedua bahan ini mengandung serat yang mampu menggesek kulit dan menimbulkan rasa gatal. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang bisa mencegah timbulnya gatal dan dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun.

 

3. Perhatikan produk sabun yang Anda pakai

Selain pakaian, bahan yang terkandung dalam produk kebersihan dan perawatan kulit seperti sabun mandi juga berisiko menyebabkan gatal. Oleh karena itu, coba cari tahu bahan apa saja yang terkandung di dalam produk-produk yang Anda gunakan dan efek samping yang mungkin timbul. Jika ada yang bisa memicu gatal, segera ganti dengan produk lain yang diformulasikan dengan bahan yang ringan dan sudah teruji klinis. Sebagai rekomendasinya, gunakan SOS Anti Bacterial Body Wash.  

SOS Anti Bacterial Body Wash merupakan sabun mandi cair anti bakterial dengan Multi Protection yang melawan 99,9% bakteri dan kuman pada kulit penyebab masalah kesehatan. Dilengkapi dengan Formula Anti Bacterial IPMP dan Triclosan, SOS Anti Bacterial Body Wash efektif melawan bakteri serta kuman. 

SOS Anti Bacterial Body Wash juga telah teruji di laboratorium terakreditasi terhada kuman E.coli, S. aureus, S. typhimurium dan P. aeruginosa. Berita baiknya, SOS Anti Bacterial Body Wash Deep Clean juga mengandung Vitamin E yang dapat menjaga kelembutan kulit agar tidak kering.

 

4. Mandi menggunakan air dingin

Hindari mandi menggunakan air hangat yang dapat membuat gatal semakin parah. Hal ini terjadi karena air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat rasa gatal semakin memburuk. Sebagai solusinya, mandilah dengan air dingin untuk membantu melancarkan peredaran darah dan meredakan rasa gatal.

 

Agar hasilnya optimal, simak tips menggunakan sabun mandi sebagai cara menjaga kesehatan kulit tubuh agar tidak gatal dan kering berikut ini.

  1. Membasahi kulit tubuh menggunakan air bersih hingga merata.
  2. Menuangkan sabun cair yang sesuai dengan kondisi kulit secukupnya (kira-kira 1 sendok makan) ke shower puff untuk membersihkan seluruh tubuh.
  3. Remas shower puff hingga berbusa, kemudian bersihkan kulit tubuh hingga merata.
  4. Bilas menggunakan air bersih bersuhu dingin untuk mengunci kelembapan tubuh dengan baik.
  5. Keringkan tubuh dengan cara menepuknya menggunakan handuk bersih berbahan lembut. Hindari menggosok kulit tubuh untuk mengeringkan tubuh setelah mandi, sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kulit semakin kering.
  6. Memilih sabun cair yang tepat

Related Articles

Sabun Mandi untuk Kulit Kering, Sebaiknya Pilih Body Wash atau Sabun Batangan, Ya?
Sabun Mandi untuk Kulit Kering, Sebaiknya Pilih Body Wash atau Sabun Batangan, Ya?
Kelebihan Tisu Basah Non Alkohol Dalam Kehidupan Sehari hari
Kelebihan Tisu Basah Non Alkohol Dalam Kehidupan Sehari hari
Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan Akibat Salah Memilih Hand Wash
Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan Akibat Salah Memilih Hand Wash