Article & Tips

Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan Akibat Salah Memilih Hand Wash
Thursday, 09 March 2023

Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan Akibat Salah Memilih Hand Wash

Kulit tangan yang kering bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan mencuci tangan menggunakan hand wash atau sabun cuci tangan yang tidak tepat dan terlalu sering. Mencuci tangan terlalu sering berpotensi menyebabkan pengelupasan bahkan hingga menyebabkan luka. Ketika tangan terluka atau lecet itulah bagian kulit yang terbuka berpotensi menjadi tempat masuknya kuman. Jadi, bagaimana cara menghilangkan kulit kering di tangan agar kembali lembap dan halus? Temukan jawabannya di sini.

Kesalahan saat mencuci tangan yang harus dihindari

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan kulit kering di tangan, berikut ini beberapa kesalahaan saat mencuci tangan yang harus Anda hindari.

  1. Menggosok tangan secara kasar dan keras.
  2. Membilas air menggunakan air hangat yang dapat  menghilangkan minyak alami dan lipid dari kulit.
  3. Menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia terlalu keras seperti sulfat dapat melemahkan pelindung kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Sebaliknya, coba lakukan tips mencuci tangan seperti yang disarankan oleh badan kesehatan dunia WHO berikut ini.

  1. Basahi tangan dengan air bersih. Jika tangan Moms benar-benar terlihat kotor (tampak bernoda, lengket, dan sebagainya), maka dianjurkan menggunakan air mengalir dari kran.
  2. Tuangkan sabun pencuci tangan secukupnya, sehingga seluruh bagian telapak maupun punggung tangan Anda dapat tercover oleh sabun.
  3. Gosok telapak tangan menggunakan telapak tangan lainnya dengan gerakan memutar.
  4. Kaitkan sela-sela jari tangan kiri ke sela-sela jari tangan kanan melalui punggung tangan, gosok perlahan dan sebaliknya.
  5. Kaitkan sela-sela jari tangan kiri dan kanan sehingga saling silang (dari sisi telapak tangan).
  6. Kaitkan bagian dalam jari tangan kanan dan kiri dengan gerakan seperti mengunci lalu gosokkan dari atas ke bawah.
  7. Genggam ibu jari tangan kiri dengan tengan kanan, gosok denga berakan memutar dan sebaliknya.
  8. Gosok telapak tangan kiri dengan gerakan memutar menggunakan ujung-ujung jari (kuku) tangan kanan dan sebaliknya.
  9. Bilas tangan dari sisa sabun hingga benar-benar bersih menggunakan air mengalir.
  10. Keringkan tangan dengan tisu sekali pakai  .

Cara menghilangkan kulit kering di tangan

Agar kulit tangan kembali bersih dan lembut, berikut ini cara mengatasi kulit kering akibat salah memilih produk sabun cuci tangan.

  1. Segera ganti produk sabun cuci tangan.
  2. Membilas tangan menggunakan air dingin atau bersuhu normal untuk mempertahankan kadar minyak alami pada kulit, sehingga kulit tidak mudah kering.
  3. Gunakan sabun cuci tangan dengan kandungan formula yang lembut dan dilengkapi vitamin E, sehingga dapat menjaga kulit tangan tetap halus dan lembut. Kandungan tersebut terdapat dalam  SOS Hand Wash Anti Bacterial. Selain tidak membuat kulit kering, SOS Hand Wash Anti Bacterial juga telah teruji klinis dapat melindungi tangan dari kuman dan bakteri  S. Aureus, E. coli, P. Aeruginosa dan membunuh virus Avian influenza H5N1 hingga 99%.
  4. Keringkan dengan lap hingga kulit benar-benar kering sempurna. Anda bisa menggunakan lap atau tisu kering untuk mengeringkan tangan.
  5. Hindari penggunaan hand dryer untuk mengeringkan tangan. Sebab suhu panasnya dapat membuat kulit tangan kering dan iritasi. Selain itu, melansir dari Klikdokter.com, menggunakan hand dryer dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.
  6. Jaga kelembapan kulit tangan dengan mengoleskan lotion. Terakhir, jaga kelembapan kulit tangan dengan mengaplikasikan lotion atau hand cream setelah mencuci tangan.

Related Articles

Bagaimana Cara Menjaga Agar Tisu Basah Antiseptik Tidak Cepat Kering?
Bagaimana Cara Menjaga Agar Tisu Basah Antiseptik Tidak Cepat Kering?
Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan dan Bagian Tubuh Lainnya
Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan dan Bagian Tubuh Lainnya