Article & Tips

Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan dan Bagian Tubuh Lainnya
Monday, 05 June 2023

Cara Menghilangkan Kulit Kering di Tangan dan Bagian Tubuh Lainnya

Pada dasarnya, setiap orang terlahir dengan jenis dan kondisi kulit yang berbeda, salah satunya adalah kulit kering. Tak hanya di bagian wajah saja, kulit kering juga dapat terjadi di bagian tubuh lainnya. Selain diturunkan disebabkan oleh faktor keturunan, kondisi kulit kering juga dapat terjadi akibat pengaruh dari lingkungan dan kebiasaan sehari-hari. Melansir dari American Academy of Dermatology Association, berikut ini beberapa faktor risiko yang memungkinkan seseorang mengalami kulit kering.

  1. Seseorang yang memiliki kulit berwarna hitam, coklat, atau putih.
  2. Konsumsi obat-obatan tertentu
  3. Melakukan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk sering memasukkan tangan ke dalam air sepanjang hari atau menggunakan bahan kimia yang keras dan dapat mengikis lapisan pelindung kulit. Beberapa contohnya antara lain seperti penata rambut, perawat, asisten rumah tangga, pekerja konstruksi, juru masak, hingga penjual bunga.
  4. Paparan suhu yang terlalu panas maupun dingin. Kondisi ini dapat membuat kelembapan udara berkurang dan menyebabkan kulit menjadi sangat kering.
  5. Kekurangan vitamin atau mineral seperti vitamin D, vitamin A, niasin, seng, atau zat besi.
  6. Kebiasaan merokok. Sebab rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang mempercepat penuaan kulit, sehingga kulit menjadi lebih kering.
  7. Riwayat mengalami penyakit kulit, seperti kulit gatal akibat dermatitis atopik, diabetes, penyakit tiroid, atau penyakit ginjal.

Cara menghilangkan kulit kering di tubuh

Kulit kering dapat bertambah semakin parah dengan munculnya rasa gatal, pengelupasan, pecah-pecah, hingga berdarah jika tidak segera ditangani dengan baik. Nah, untuk mencegah kerusakan pada kulit yang semakin parah, simak cara menghilangkan kulit kering di tangan dan bagian tubuh lainnya seperti yang dilansir dari American Academy of Dermatology Association berikut ini.

  1. Saat kulit terasa kering akibat kelembapan yang menurun, sebaiknya hindari kebiasaan mandi terlalu lama atau berendam di bathtub agar keluhannya tidak semakin parah.
  2. Gunakan air bersuhu normal untuk mandi dan batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.
  3. Pilih sabun mandi yang lembut, memberikan kelembapan lebih, dan dapat mengangkat kotoran, minyak, serta sisa keringat yang menempel di kulit tubuh. Sebagai pilihannya, Moms bisa menggunakan beberapa rekomendasi sabun berikut ini.
  • SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Hal ini karena SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean dilengkapi kandungan susu yang dapat menjaga kelembutan kulit serta memberikan aroma yang menyegarkan dan tahan lama.

  • SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang sudah teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Kandungan Lavender Scent di dalam SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean berperan sebagai aromaterapi yang menenangkan dan tahan lama.

  1. Alih-alih mengeringkan badan setelah mandi dengan cara menggosoknya dengan kasar dan berulang, sebaiknya keringkan kulit menggunakan handuk berbagan lembut dengan cara menepuknya secara perlahan. Moms bisa memilih handuk berbahan microfiber agar kulit kering di tubuh tidak semakin parah.
  2. Segera mengoleskan lotion pelembap setelah mengeringkan kulit setelah mandi.
  3. Khusus untuk mengatasi kulit kering di bagian telapak dan punggung tangan, Moms bisa mengoleskan hand cream secara rutin untuk menutrisi sekaligus meningkatkan kelembapan kulit.
  4. Gunakan pelembap wajah serta tabir surya di seluruh tubuh (termasuk wajah) sebelum beraktivitas untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Related Articles

Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan
Pandemi Berakhir, Haruskah Kita Tetap Menggunakan Hand Sanitizer Spray?
Pandemi Berakhir, Haruskah Kita Tetap Menggunakan Hand Sanitizer Spray?