Article & Tips

Tisu Basah Antiseptik vs Tisu Kering Perbedaan dan Kapan Menggunakannya
Thursday, 28 September 2023

Tisu Basah Antiseptik vs Tisu Kering Perbedaan dan Kapan Menggunakannya

Tisu basah antiseptik dan tisu kering adalah dua jenis produk kebersihan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Meski sama-sama tisu, namun keduanya jelas memiliki fungsi yang berbeda. Berikut adalah perbedaan antara keduanya jika dilihat dari kandungan, fungsi, dan waktu penggunaannya.

1. Tisu basah antiseptik

  • Kandungan

Tisu basah antiseptik mengandung bahan antiseptik atau disinfektan yang dirancang untuk membunuh kuman dan bakteri. Ini membuatnya sangat efektif dalam membersihkan permukaan yang terpapar kuman.

  • Tujuan penggunaan

Tisu basah antiseptik umumnya digunakan untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan, seperti meja makan, toilet, pegangan pintu, dan area-area yang mungkin terkontaminasi oleh kuman. Mereka juga sering digunakan untuk membersihkan tangan saat tidak ada akses ke air dan sabun.

  • Waktu penggunaan

Tisu basah antiseptik digunakan saat Anda ingin memastikan bahwa permukaan atau tangan Anda benar-benar bersih dari kuman. Ini terutama penting dalam situasi-situasi di mana kebersihan sangat dibutuhkan, seperti saat makan atau setelah menggunakan toilet.

2. Tisu kering atau tisu wajah

  • Kandungan

Tisu kering biasanya tidak mengandung bahan antiseptik. Mereka adalah tisu biasa yang digunakan untuk membersihkan, mengeringkan, atau menyeka permukaan atau tubuh.

  • Tujuan penggunaan

Tisu kering digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran, mengeringkan tangan setelah mencuci tangan, dan menyeka permukaan yang kering. Mereka juga digunakan untuk tujuan kosmetik, seperti membersihkan wajah atau menghapus makeup.

  • Waktu penggunaan

Tisu kering digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari ketika Anda perlu membersihkan atau mengeringkan sesuatu. Mereka digunakan setelah mencuci tangan untuk mengeringkan tangan, atau untuk membersihkan permukaan yang kering seperti meja atau cermin. Mereka juga digunakan untuk perawatan kecantikan atau kebersihan rutin.

Pilihan antara tisu basah antiseptik dan tisu kering tergantung pada situasi dan tujuan penggunaan. Jika Anda ingin membunuh kuman atau bakteri, tisu basah antiseptik adalah pilihan yang lebih baik, terutama jika Anda jauh dari akses air bersih dan sabun. Sebagai rekomendasinya, Anda bisa menggunakan SOS Anti Bacterial Wipes.

SOS Antibacterial Wipes dilengkapi dengan formula multi protection yang efektif membunuh bakteri dan kuman, serta membersihkan kotoran pada kulit, tangan dan permukaan benda. Nyaman digunakan dan senantiasa melindungi dengan wangi menyegarkan, berikut ini beberapa kelebihan lain yang dimiliki SOS Antibacterial Wipes:

  1. Formula yang lembut dan sesuai dengan kulit pH 5,5.
  2. Bebas alkohol.
  3. Mengandung IPMP dan Triclosan sebagai anti-bacterial
  4. Membersihkan dan mensanitasi tangan dan permukaan benda
  5. Memiliki wangi yang menyegarkan

Tisu basah antiseptik dapat mengering jika tidak disimpan dan digunakan dengan benar. Untuk menjaga agar tisu basah antiseptik tetap lembap dan efektif, ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Simpan tisu basah antiseptik dalam kemasannya yang tersegel dengan rapat. Pastikan kemasan tetap tertutup rapat setelah mengambil satu tisu. Udara yang masuk ke dalam kemasan dapat menyebabkan tisu cepat mengering.
  2. Pastikan untuk menutup kemasan dengan benar setelah mengambil tisu yang dibutuhkan. Hindari mengeluarkan terlalu banyak tisu sekaligus, karena ini dapat meningkatkan risiko pengeringan yang cepat.
  3. Hindari menyimpan tisu basah antiseptik di tempat yang terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung. Panas dan sinar matahari dapat menyebabkan penguapan dan pengeringan tisu.
  4. Periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan tisu basah antiseptik. Jangan gunakan tisu yang telah melewati tanggal kadaluwarsa, karena kualitas dan keefektifan antiseptiknya mungkin sudah berkurang.
  5. Jika tisu basah sudah mulai mengering, Anda dapat mencoba menambahkan sedikit cairan antiseptik ke dalam kemasan untuk melembapkannya kembali. Pastikan cairan yang Anda tambahkan sesuai dengan produk dan tidak mengubah efektivitas antiseptik.
  6. Saat membeli tisu basah antiseptik, perhatikan kemasan yang dirancang dengan baik yang dapat menjaga tisu tetap segar dan lembap lebih lama.

Artikel Lainnya: Pentingnya Hand Sanitizer Food Grade untuk Sehari-hari

Related Articles

Kandungan dan Keunggulan Tisu Anti Bakteri
Kandungan dan Keunggulan Tisu Anti Bakteri
Sudah Mengepel Lantai Dua Kali Sehari Tapi Masih Bau Amis?
Sudah Mengepel Lantai Dua Kali Sehari Tapi Masih Bau Amis?
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?