Article & Tips

Sabun Mandi untuk Kulit Kering, Sebaiknya Pilih Body Wash atau Sabun Batangan, Ya?
Tuesday, 21 March 2023

Sabun Mandi untuk Kulit Kering, Sebaiknya Pilih Body Wash atau Sabun Batangan, Ya?

Memiliki jenis kulit kering seringkali membuat kita merasa kurang percaya diri dan bisa dialami oleh siapa saja. Sebab tak hanya tampak kering, kulit juga terasa kasar, gatal, dan bersisik. Kulit kering dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun, mulai dari tangan, lengan, dan kaki. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih produk perawatan kulit tubuh yang cocok, salah satunya adalah sabun mandi untuk kulit kering. Lantas, sebaiknya pilih body wash atau sabun batangan, ya?

Penyebab kulit kering

Sebelum mengetahui mana yang lebih baik antara body wash atau sabun batangan sebagai sabun mandi untuk kulit kering yang bisa Anda pakai, berikut ini beberapa penyebab kulit kering yang wajib Anda simak.

  1. Usia. Seiring bertambahnya usia, pori-pori Anda secara alami memproduksi lebih sedikit minyak, sehingga meningkatkan risiko kulit kering.
  2. Riwayat medis atau penyakit alergi lainnya dalam keluarga Anda.
  3. Tinggal di tempat yang dingin, berangin, atau iklim dengan kelembapan rendah.
  4. Terlalu sering mandi atau menggosok. Mandi atau berendam air panas dalam waktu lama atau menggosok kulit terlalu sering dapat membuat kulit Anda kering. Mandi lebih dari sekali sehari juga dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda.
  5. Sabun dan deterjen yang mengandung bahan kimia terlalu keras.

Tanda dan gejala kulit kering

Melansir dari Mayo Clinic, pada dasarnya keluhan kulit kering bersifat sementara. Tanda dan gejala kulit kering dapat bervariasi berdasarkan usia, status kesehatan, warna kulit, lingkungan tempat tinggal, dan paparan sinar matahari. Beberapa tanda dan gejalanya adalah:

  1. Kulit terasa kencang.
  2. Kulit yang terasa dan terlihat kasar.
  3. Rasa gatal (pruritus).
  4. Kulit mengelupas ringan hingga berat, yang menyebabkan tampilan abu-abu yang dapat memengaruhi kulit kering berwarna cokelat dan hitam.
  5. Kulit bersisik atau mengelupas ringan hingga parah.
  6. Kulit yang pecah-pecah di bagian kaki.

Sabun mandi untuk kulit kering: body wash atau sabun batangan?

Melansir dari CNN Indonesia, sabun batangan adalah sabun yang cepat berbusa, mudah dibilas, dan terkadang meninggalkan rasa kesat di kulit, sehingga dianggap lebih bersih daripada sabun cair yang membuat kulit terasa licin. Hal ini terjadi karena sabun batangan memiliki alkali pH tinggi yang bisa merusak lapisan alami kulit dan mengikis minyak alaminya.

Sementara body wash merupakan sabun mandi dengan tekstur yang ringan dan mampu menghidrasi serta melembapkan kulit dengan baik.

Melihat dari penjelasan ini, maka bisa disimpulkan bahwa jenis sabun mandi untuk kulit kering yang paling cocok adalah body wash. Sebagai rekomendasinya, Anda bisa memilih SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean untuk membantu menjaga kebersihan dan kelembapan kulit.

SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean  merupakan sabun mandi untuk kulit kering dengan formula multiprotection karena dilengkapi dengan kandungan susu di dalamnya untuk membuat kulit tetap lembut dan halus. Tak hanya mencegah kulit menjadi kering, aroma fresh medicated scent yang menyegarkan dari SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean juga bisa membuat kulit tubuh wangi tahan lama.

Yuk, lengkapi persediaan SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean di rumah untuk menjaga kebersihan, kelembapan, dan keharuman kulit Anda dan keluarga dengan cara membelinya secara langsung di supermarket maupun secara online hanya di Tempo Store Official.

Related Articles

Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh di Musim Hujan
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?