Article & Tips

Mengenal Peralatan Makan dalam Jamuan Formal
Thursday, 16 March 2017

Mengenal Peralatan Makan dalam Jamuan Formal

Pernah diundang untuk menghadiri jamuan makan formal? Jika sudah, Anda pasti familiar dengan banyaknya peralatan makan yang disediakan di hadapan Anda. Padahal di rumah, Anda hanya menggunakan sepasang sendok dan garpu saja. Meskipun terlihat ribet, sebenarnya jamuan makan formal cukup menyenangkan, bahkan Anda bisa membuat jamuan makan formal di rumah sambil mengundang relasi terdekat. Pasti istimewa sekali ya?

                Hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat atau menghadiri jamuan makan formal adalah, pastikan peralatan makan yang memadai tersedia dan gunakan sesuai tata cara yang seharusnya. Jika belum tahu, simak tip berikut ini.

Penataan

Saat jamuan formal, penataan peralatan makan adalah dengan meletakan piring di tengah-tengah, 3 buah garpu di sisi kiri piring dan 3 buah kombinasi sendok dan pisau di sebelah kanan. Tiga hingga 4 jenis gelas yang berbeda di tempatkan pada sisi kanan atas pisau, piring mentega dab pisau mentega di sisi kiri atas garpu, sendok dan garpu untuk makanan penutup di sisi atas piring makan.

Penggunaan

Ketika jamuan makan dimulai, tak perlu bingung, gunakan garpu dan pisau/sendok dari sisi yang paling luar untuk menu pertama, ganti dengan urutan garpu dan pisau berikutnya pada menu selanjutnya, dan urutan paling dalam untuk menu terakhir. Jika terdapat menu sup, biasanya sendok berbentuk membulat, berbeda dengan dinner spoon yang berbentuk lebih lonjong menyerupai telur.

Makanan oriental

Jika menu makanan adalah makanan oriental, maka peralatan makan yang digunakan memang lebih sedikit. Piring lauk, mangkuk sup, dan juga sendok sup diletakan bertumpuk sebelum menu makanan disajikan. Ketika makan, Anda harus menggunakan sumpit di tangan kanan. Menggunakan sumpit juga sedikit rumit jika Anda belum terbiasa. Tempatkan salah satu sumpit di antara ibu jari dan jari manis sementara sumpit lainnya di antara telunjuk dan jari tengah. Gunakan sumpit yang berada di jari telunjuk dan jari tengan untuk bergerak mengambil hidangan yang akan Anda makan.

Setelah memahami gambaran umum tentang peralatan makan yang digunakan dalam jamuan formal, pastikan Anda juga merawat dan membersihkan peralatan makan tersebut dengan baik. Setelah digunakan, cuci dengan SOS Cairan Pencuci Piring. Formulanya bebas formalin dan dijamin ampuh membersihkan peralatan makan di rumah Anda. Kandungan Aloe Veranya mampu menjaga tangan tetap halus dan lembut. Hadir dalam varian Lemon Fresh dan Lime Fresh, aman untuk membersihkan peralatan makan bayi dan buah-buahan.

Related Articles

Kelebihan Tisu Basah Non Alkohol Dalam Kehidupan Sehari hari
Kelebihan Tisu Basah Non Alkohol Dalam Kehidupan Sehari hari
Apakah Tisu Basah Baik untuk Wajah? Temukan Jawabannya di Sini!
Apakah Tisu Basah Baik untuk Wajah? Temukan Jawabannya di Sini!
5 Fungsi Tisu Basah yang Jarang Diketahui
5 Fungsi Tisu Basah yang Jarang Diketahui