Article & Tips

Manfaat Karbol Sereh yang Belum Anda Ketahui
Tuesday, 21 February 2023

Manfaat Karbol Sereh yang Belum Anda Ketahui

Selain banyak digunakan sebagai salah satu bahan masakan, tahukah Anda bahwa ternyata sereh juga punya banyak kegunaan lainnya. Hal ini karena tanaman sereh memiliki aroma yang bermanfaat untuk beberapa hal seperti:

 

1. Mengurangi peradangan

Sereh telah dikenal untuk meredakan berbagai masalah radang dan iritabilitas yang terkait dengan rasa sakit dan nyeri. Dengan demikian, dapat membantu meringankan penyakit seperti sakit gigi, tenggorokan, nyeri otot dan nyeri sendi. Caranya bisa dikonsumsi sebagai campuran minuman ataupun menghirup aroma therapy dengan wangi sereh.

 

2. Kesehatan kulit

Sebab sereh kaya akan vitamin A, sehingga berkhasiat membuat kulit Anda terlihat muda dan segar lebih lama. Mengoleskan essential sereh pada kulit wajah juga dapat mengurangi jerawat.

 

3. Menurunkan tekanan darah

Sereh dapat secara efektif mengurangi tekanan darah dengan merangsang sirkulasi darah. Selain itu, mengonsumsi  jus sereh secara teratur  telah diklaim bisa membantu mengurangi hipertensi.

 

4. Penyegar udara

Bau manis dari sereh juga dapat menjadi penyegar udara yang sempurna. Tak heran jika aroma theraphy dalam bentuk minyak dan lilin beraroma sereh cukup populer.  Aroma sereh juga bisa menutupi bau tak sedap yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan misalnya, tanpa membuat Anda merasa pusing karena wanginya yang khas.

 

5. Pengusir serangga

Tidak semua khasiat sereh berkaitan dengan kesehatan atau kecantikan. Tanaman ini ternyata juga efektif untuk mengusir serangga. Tak heran jika saat ini banyak produk kebersihan yang menggunakan sereh sebagai salah satu bahannya, seperti SOS Karbol Wangi Lemon Sereh.

 

Manfaat SOS Karbol Wangi Lemon Sereh

Karbol wangi sereh menjadi salah satu barang kebutuhan rumah tangga yang harus ada di rumah. Selain bisa membersihkan lantai, ini dia beberapa manfaat lainnya yang bisa Moms rasakan di rumah!

 

1. Membersihkan toilet

Cukup dengan menuangkan karbol di beberapa titik mulai dari lantai toilet, closet toilet, lubang air, dan di setiap sudut ruangan, kemudian menyikatnya hingga bersih, maka toilet bisa kembali bersih.

 

2. Membersihkan kandang hewan peliharaan

Manfaat karbol wangi selanjutnya adalah untuk membersihkan kandang hewan peliharaan setiap dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan keluarga dan juga hewan peliharaan dari ancaman penyakit yang timbul akibat kotoran, air kencing, atau bulu yang menempel di kandang yang juga bisa memicu alergi.

 

3. Membersihkan garasi mobil

Moms juga bisa memanfaatkan karbol wangi untuk membersihkan garasi di rumah, loh. Caranya adalah dengan menuangkannya ke beberapa titik di garasi, lalu menyikatnya hingga bersih. Bahkan, aroma kesegarannya pun bisa menghilangkan bau pengap dan tidak sedap yang berasal dari tumpukan barang di garasi, oli dan bensin yang menetes dari mobil, hingga kencing hewan pengganggu seperti tikus dan kecoa.

 

4. Membersihkan tempat sampah di rumah

Pastikan untuk rutin mencuci tempat sampah menggunakan karbol wangi dan menyikatnya hingga bersih. Setelah itu, jemur atau biarkan hingga mengering sebelum menggunakannya kembali. Sebagai perlindungan ganda, Moms bisa melapisi tempat sampah menggunakan plastik, sehingga sampah tidak berceceran dan meninggalkan kotoran maupun cairan yang nantinya bisa menimbulkan bau tidak sedap.

 

5. Mengusir serangga

Selain aroma yang menyegarkan, karbol wangi sereh juga memberikan sensasi keharuman alami yang menenangkan dan ampuh mengusir serangga seperti semut dan kecoa di rumah, terutama saat musim hujan. Hal ini karena sereh memiliki kandungan bahan aktif citronella dan geraniol yang sangat tidak disukai oleh serangga.

 

6. Membersihkan karpet mobil

Membersihkan karpet mobil dengan cara menyikatnya menggunakan karbol seperti  SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Selain aromanya yang wangi dan ampuh mengusir serangga, karbol sereh juga berperan membunuh kuman penyebab penyakit, seperti S. Aures (penyebab masalah pada kulit), E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan), P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan), dan S. Typhimurium (penyebab demam tifus) yang dibawa oleh kecoa.

 

7. Menghilangkan bau di kaos kaki

Sering terganggu dengan aroma kaos kaki yang menyengat? Anda bisa mengatasinya dengan cara merendamnya dalam air yang dicampur dengan karbol sereh. Diamkan beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih dan cuci menggunakan deterjen. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau kaos kaki sekaligus membunuh kuman serta bakteri yang menempel di dalamnya.

 

Melihat banyaknya manfaat karbol wangi khususnya aroma sereh di atas, maka pastikan untuk menjaga kebersihan dan menciptakan suasana rumah yang segar dengan menggunakan produk pilihan seperti SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Selain aromanya yang wangi dan ampuh mengusir serangga, karbol sereh juga berperan membunuh kuman yang ada dilantai hingga 99%, seperti:

  1. S. Aures (penyebab masalah pada kulit)
  2. E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan)
  3. P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan)
  4. S. Typhimurium (penyebab demam tifus)

Related Articles

Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?