Article & Tips

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?
Thursday, 10 August 2023

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berada di Tempat Bersuhu Dingin?

Berada di tempat dengan suhu dingin dapat memengaruhi kesehatan kulit. Beberapa masalah yang mungkin terjadi antara lain dehidrasi, kemerahan, kulit kering dan pecah-pecah, serta iritasi akibat kondisi berikut ini:

  1. Udara dingin cenderung memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Ketika kulit terpapar udara dingin, hal itu dapat menyebabkan penguapan air dari lapisan kulit terluar, yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan dehidrasi.
  2. Penggunaan pemanas ruangan di musim dingin juga dapat mengurangi kelembapan udara di dalam rumah. Kondisi ini dapat mengakibatkan pengeringan kulit yang lebih besar karena kulit kehilangan kelembapan saat bersentuhan dengan udara yang kering.
  3. Suhu udara yang dingin dapat merusak lapisan pelindung alami kulit dan menyebabkan kemerahan serta iritasi.
  4. Orang dengan kulit yang sensitif cenderung lebih rentan terhadap masalah kulit akibat udara dingin. Kulit sensitif dapat merespons lebih kuat terhadap perubahan suhu dan kelembapan.
  5. Ketika suhu dingin, kita cenderung mengenakan pakaian yang tebal dan lebih tertutup. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antara pakaian dan kulit, yang dapat mengakibatkan iritasi atau ruam.

Cara menjaga kesehatan kulit

Agar kulit tetap lembap dan sehat saat berada di lingkungan bersuhu dingin, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  1. Meskipun berada di lingkungan bersuhu dingin, sinar UV tetaplah ada. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  2. Gunakan pakaian yang tebal dan hangat untuk melindungi kulit dari paparan udara dingin dan angin.
  3. Menggunakan humidifier untuk membantu menjaga tingkat kelembapan di dalam rumah. Suhu dingin cenderung memiliki udara yang lebih kering, dan humidifier dapat membantu menjaga kelembapan udara.
  4. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebagai cara menjaga kesehatan kulit dari dalam agar tetap lembab.
  5. Mandi dua kali sehari menggunakan air bersuhu ruangan atau air hangat (bukan air panas) dan sabun yang lembut, dapat memberikan kelembapan lebih, pH seimbang untuk membersihkan kulit tanpa membuatnya menjadi kering dan pecah-pecah, seperti:
  • SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection mengandung IPMP dan Triclosan sebagai Antibacterial Agent yang teruji klinis efektif melawan 99,9% bakteri dan kuman pada kulit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini karena SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean dilengkapi kandungan Milk untuk menjaga kelembutan kulit sehingga kulit tidak kering dengan fresh medicated scent yang menyegarkan dan tahan lama. Dapatkan perlindungan maksimal dan pengalaman mandi dengan kelembutan serta busa berlimpah untuk keluarga.

  • SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection mengandung IPMP dan Triclosan sebagai Antibacterial Agent yang teruji klinis efektif melawan 99,9% bakteri dan kuman pada kulit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kandungan Lavender Scent di dalam SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean sebagai Aromaterapi yang menenangkan dan tahan lama. Lindungi keluarga dan berikan pengalaman mandi yang menangkan dengan busa berlimpah, kulit terasa lembut dan tidak kering.

  1. Cara menjaga kesehatan kulit yang tak boleh dilewatkan adalah dengan mengoleskan pelembap secara rutin. Pilih pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda, dan gunakan secara teratur, terutama setelah mandi.

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Menjaga Agar Tisu Basah Antiseptik Tidak Cepat Kering?

Related Articles

Tisu Basah Antiseptik vs Tisu Kering Perbedaan dan Kapan Menggunakannya
Tisu Basah Antiseptik vs Tisu Kering Perbedaan dan Kapan Menggunakannya
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Agar Tidak Gatal dan Kering
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Agar Tidak Gatal dan Kering
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit dengan Sabun Antibacterial?
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit dengan Sabun Antibacterial?