Article & Tips

Keramik Lantai Kamar Mandi Mudah Kotor dan Licin? Simak Cara Mengatasinya di Sini!
Wednesday, 18 January 2023

Keramik Lantai Kamar Mandi Mudah Kotor dan Licin? Simak Cara Mengatasinya di Sini!

Tak hanya mengganggu pandangan, keramik lantai kamar mandi yang kotor dan licin tentu cukup membahayakan keselamatan keluarga. Pasalnya, risiko terpeleset dan jatuh di kamar mandi menjadi semakin besar, apalagi jika ada anak-anak yang sangat aktif di rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar mandi secara rutin.

Penyebab keramik lantai kamar mandi mudah kotor dan licin

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi lantai kamar mandi yang kotor dan licin, simak dulu beberapa penyebabnya berikut ini.

  1. Paparan udara yang membuat kamar mandi menjadi sangat lembap dan akhirnya memicu pertumbuhan jamur.
  2. Debu dan kotoran yang terbawa di kaki.
  3. Terkena cipratan urin saat buang air kecil.
  4. Jarang membersihkan kamar mandi.
  5. Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.
  6. Keramik mudah kotor dan licin akibat banjir.
  7. Membiarkan keramik lantai kamar mandi dalam kondisi basah setelah mandi.

Cara membersihkan lantai kamar mandi yang mudah kotor dan licin

Setelah mengetahui penyebabnya dengan baik, berikut ini beberapa cara membersihkan keramik lantai kamar mandi yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Langsung membersihkan kamar mandi saat terlihat keramik lantainya mulai kotor

Hal pertama yang harus Ibu lakukan adalah tidak menunda untuk membersihkan noda di kamar mandi, misalnya lumut yang muncul di bawah keran air atau lantai mulai menguning, maka bersihkan langsung saat itu juga tanpa harus menundanya.

2. Atur jadwal pembersihkan keramik lantai kamar mandi secara rutin

Meskipun di mata Ibu kamar mandi terlihat masih bersih, namun Ibu tetap harus membersihkannya secara rutin setidaknya 1 – 2 kali seminggu. Hal ini karena lantai kamar mandi selalu terpapar kondisi lembap sehingga memungkinkan munculnya jamur, lumut, dan kotoran lainnya yang bisa menyebabkan lantai licin.

3. Menggosok keramik lantai dengan teliti

Selain menggosok noda yang tampak di atas keramik lantai kamar mandi, pastikan juga untuk menyikat bersih nat atau sela-sela keramik menggunakan sikat yang biasa Ibu gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Sikat secara menyeluruh, jangan sampai ada bagian sela nat yang terlewatkan ya, Bu.

4. Gunakan karbol dan cairan pembersih lantai yang tepat

Ibu bisa membersihkan lantai kamar mandi dengan SOS Karbol Wangi yang menghilangkan bau tidak sedap dipermukaan lantai, menghilangkan noda, sekaligus teruji klinis 99% dapat membunuh kuman.

5. Memasang karet pelapis

Anda bisa mencari di toko perlengkapan rumah karpet atau keset berbahan karet. Letakkan di kamar mandi untuk perlindungan agar lantai kamar mandi tidak licin. Karet pelapis lantai ini sngata penting digunakan khususnya jika di rumah Anda terdapat anak-anak dan lansia.

Agar kebersihan keramik lantai kamar mandi tetap terjaga, pastikan untuk memasukkan SOS Karbol Wangi ke dalam perlengkapan kebersihan rumah tangga di rumah ya, Bu!

Related Articles