Article & Tips

Apakah Kandungan Pewangi Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Kulit Kering dan Iritasi?
Friday, 06 January 2023

Apakah Kandungan Pewangi Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Kulit Kering dan Iritasi?

Semenjak rutin menggunakan hand sanitizer, tak jarang kulit justru menjadi kering dan mengalami iritasi, terutama di bagian sela-sela jari tangan. Kondisi ini biasanya disebabkan kandungan zat pewarna sekaligus pewangi yang terdapat dalam produk hand sanitizer dan banyak dialami oleh pemilik jenis kulit sensitif. Apakah Anda salah satunya?

 

Melansir dari Kompas.com, pewangi merupakan bahan iritan yakni zat yang dapat memicu peradangan atau iritasi. Kandungan bahan iritan inilah yang dapat merusak lapisan lemak pada kulit dan menurunkan kemampuan kulit dalam mengikat air, sehingga bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering, gatal. Kondisi ini pun seringkali diikuti dengan gejala lain, seperti rasa gatal, perih dan panas, kulit menjadi kemerahan, vesikel (gelembung berisi cairan) atau lesi melepuh, hingga perdarahan baik di bagian punggung tangan maupun sela-sela jari tangan.

 

Lantas, bagaimana cara menjaga tangan tetap lembap meski menggunakan hand sanitizer?

Tak perlu khawatir Moms, karena kita tetap dapat menggunakan hand sanitizer tanpa membuat tangan menjadi kering dan iritasi dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Memilih hand sanitizer yang sudah teruji secara klinis untuk mengetahui efektivitas produk. Coba cek pada bagian kemasan apakah hand sanitizer tersebut sudah melalui proses uji klinis ya, Moms.
  2. Pilih produk hand sanitizer yang tidak mengandung pewarna dan pewangi di dalamnya. Cek juga apakah kandungan alkohol dalam hand sanitizer sudah memenuhi ketentuan dari WHO, yaitu minimal 60%. Tujuannya adalah untuk membunuh virus penyakit dengan lebih efektif.
  3. Memilih hand sanitizer dengan memerhatikan kemasannya yang praktis dan sesuai kebutuhan, serta bisa dibawa saat beraktivitas. Dengan begini, Anda dan keluarga tidak perlu bingung untuk mencuci tangan saat kesulitan mendapatkan akses air bersih maupun sabun cuci tangan.
  4. Gunakan produknya secara perlahan, sebab hand sanitizer membutuhkan waktu agar dapat bekerja secara optimal, yaitu selama 20 detik atau lebih. Jika Moms menggosoknya kurang dari waktu tersebut, maka hand sanitizer tidak akan bekerja secara optimal.
  5. Hindari untuk mengeringkan tangan dengan tisu setelah mengaplikasikan hand sanitizer. Sebaliknya, diamkan hingga sisa hand sanitizer mengering sendiri.
  6. Oleskan lotion pelembap atau hand cream  setelah membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Tujuannya adalah untuk mengunci kelembapan agar kulit tidak menjadi kering dan iritasi.

 

Agar tidak salah pilih produk hand sanitizer, Moms bisa menggunakan SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray dengan kandungan formula yang tidak membuat kulit kering dan iritasi di dalamnya. Selain itu, SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray juga telah teruji klinis di laboratorium mampu membunuh virus & kuman dengan kandungan total alkohol sebesar 73% yang terdiri dari Ethyl Alcohol 55% dan Iso Propyl Alcohol 18%).

 

Tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri, Anda juga bisa menggunakannya untuk mensterilkan alat makan, karena SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray juga  mengandung formula food grade, loh.

 

Oleh karena itu, yuk lengkapi peralatan kebersihan Anda dan keluarga dengan SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray yang dapat digunakan saat berada di rumah, sekolah, bekerja, maupun saat bepergian dan jauh dari akses air bersih serta sabun untuk mencuci tangan. Dapatkan produknya sekarang juga dengan cara membelinya di toko maupun marketplace kesayangan dengan mudah ya, Moms!

Related Articles

Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Cara Membersihkan Lantai yang Seringkali Dilupakan
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Alasan Mengapa Sabun Mandi Cair untuk Kulit Kering Dilengkapi Kandungan Vitamin E
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?
Bolehkah Anak-Anak Menggunakan Hand Sanitizer Spray?