Waspada Masker Palsu, Ini Kriteria Masker Medis yang Perlu Kamu Tahu

28-May-2021 Tips


Masker adalah kebutuhan pokok untuk semua orang di masa pandemi ini. Idealnya masker yang kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari diganti setiap 4 jam sekali, atau ketika masker sudah terasa lembap. Namun banyaknya masker yang beredar di pasaran juga mengharuskan kamu untuk berhati-hati. Sebab nyatanya, tidak semua masker memenuhi standar kelayakan yang sudah ditetapkan. Agar kamu tetap waspada pada ‘masker palsu’, kenali kriteria masker medis yang perlu kamu tahu!

1. Tes visual

Ketika mengklaim bahwa masker tersebut adalah masker 3 lapis, secara logika masker itu memang harus punya 3 lapisan. Buka atau robek salah satu masker dan seharusnya Anda melihat 3 lapisan yang jelas. Masker 3 lapisan biasanya terdiri dari kepingan Translucent (atas), lapisan putih (tengah), dan kepingan berwarna (biasanya bagian yang berwarna seperti hijau, biru, atau bahkan putih).

2. Uji air

Masker bedah, tidak hanya melindungi orang lain dari batuk dan bersin, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap orang lain. Karena itu, lapisan luarnya didesain tahan air. Lipat masker sehingga bagian luarnya membentuk corong. Kemudian tuangkan air ke dalamnya. Jika masker tersebut asli maka, masker akan menahan air.

3. Uji bakar

Sekalipun ada 3 lapis masker, pastikan lapisan tengahnya adalah masker, bukan kertas. Oleh karena itu, jika Anda membakarnya dengan api, filter itu seharusnya tidak terbakar.

4. Nomor edar terdaftar

Cara paling mudah untuk membedakan masker asli dan palsu adalah dengan mengecek izin edar Kemenkes. Masker non medis tidak memiliki izin edar dari Kemenkes karena tidak memenuhi standar uji sebagai alat kesehatan. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan pemilihan masker medis, maka masyarakat dianjurkan membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar. Jika masker tersebut resmi atau asli maka izin edar yang tercantum pada kemasan akan ditemukan di infoalkes.kemkes.go.id.

Baca Juga: Tips Memakai dan Menyimpan Masker yang Benar

Nah itulah 4 kriteria masker medis yang perlu kamu tahu. Mulai sekarang pastikan masker yang kamu beli asli dan sudah sesuai kriteria di atas ya! Tidak perlu bingung, kamu bisa memilih SOS Surgical Mask Protection. Terdiri dari 3 lapisan masker yang dilengkapi dengan Melltblown Filter untuk menyaring bakteri, partikel mikro, kotoran dan droplets. Telah diuji di laboraturium di USA memiliki BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) efektif melindungi mulut & hidung dari bakteri, kuman, debu & polusi.  Bahannya yang lembut dan tekstur yang berpori membuat nyaman untuk bernafas & higienis. SOS Surgical Mask Protection tersertifikasi HALAL dan tersedia dalam varian headloop (untuk hijab) dan earloop yang bisa kamu pilih! Dapatkan produknya di e-commerce kesayanganmu atau mini market terdekat.