Tips Menyemprotkan Disinfektan Spray Agar Tetap Aman dan Terbebas dari Virus yang Beterbangan

01-July-2021 Tips


Selama pandemi, disinfektan spray menjadi salah satu produk yang banyak diburu oleh masyarakat. Pasalnya, penelitian dari WHO menyebutkan kalau virus COVID-19 bisa bertahan di udara (airborne) selama tiga jam dalam bentuk aerosol (partikel kecil seperti kabut). Aerosol inilah yang nantinya bisa terhirup dan membuat seseorang tertular virus.

Namun, gimana sih tips menyemprotkan disinfektan yang aman agar terbebas dari virus yang beterbangan?

Semprotkan Disinfektan Spray Setelah Bebersih Rumah

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum menyemprotkan disinfektan di rumah adalah dengan membersihkan rumah terlebih dahulu. Bersihkan permukaan benda atau perabotan di rumah menggunakan lap bersih untuk menghilangkan debu yang menempel, menyapu, dan juga mengepel lantai rumah menggunakan pembersih lantai dengan aroma apel yang segar seperti SOS Pembersih Lantai - Apple Wonder untuk membunuh kuman. Setelah itu, semprotkan disinfektan ke seluruh ruangan, terutama tempat yang paling sering Anda dan keluarga gunakan untuk berinteraksi.  

Pastikan Ruangan dalam Kondisi Kosong

Setelah membersihkan rumah dan kuman dan bakteri, pastikan tidak ada anggota keluarga di dalam ruangan sebelum menyemprotkan disinfektan spray. Tujuannya adalah untuk melindungi mereka, terutama anak-anak dari paparan kandungan bahan disinfektan yang bisa menempel ke permukaan kulit tubuh atau bahkan kemungkinan terhirup yang bisa membahayakan kesehatan khususnya saluran pernapasan. 

Baca Juga: 5 Bagian Rumah yang Wajib Disemprot Disinfektan Secara Rutin

Jauhkan dari Makanan dan Minuman di Rumah

Selain menjauhkan dari jangkauan anak dan keluarga, penting juga untuk melindungi makanan dan minuman di rumah dari semprotan disinfektan. Caranya adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas atau lemari makanan terlebih dahulu, ya. Dengan begini, Anda bisa menyemprotkan disinfektan spray dengan lebih aman dan leluasa, makanan dan minuman di rumah pun tetap terjaga kebersihannya.

Menggunakan Masker dan Pelindung Mata

Selama menyemprotkan disinfektan spray ke seluruh ruangan di rumah, pastikan untuk selalu melindungi bagian permukaan kulit yang terbuka, seperti mulut, hidung, dan mata. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan masker kain atau medis dan juga pelindung mata seperti kacamata. Usahakan untuk tidak menyemprotkan disinfektan ke tubuh, karena fungsinya hanya untuk disemprotkan ke benda dan juga udara di rumah. Selain menyemprotkan disinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri serta virus yang beterbangan di udara, Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan spray ke beberapa benda yang sering digunakan di rumah, seperti jaket, helm, gagang pintu, dan sepatu. Namun, pastikan Anda sudah melepasnya dahulu sebelum menyemprotnya, ya!

Untuk disinfektan spraynya sendiri, Anda bisa memilih SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus sebagai salah satu ‘alat tempur’ selama pandemi di rumah. Tak hanya mengandung Eucalyptus Oil yang terkenal efektif membunuh kuman dan  virus, aroma Eucalyptus yang segar di dalamnya juga dapat menghilangkan bau, mengharumkan, dan menyegarkan ruangan. Formulanya yang cepat kering membuat Anda tidak perlu dilap setelah disemprotkan ke perabotan di rumah. Telah teruji di laboratorium efektif 99,9% membunuh bakteri dengan cepat (termasuk MRSA) dan Virus Influenza H5N1. 

Baca Juga: Do's and Don'ts Menggunakan Disinfektan Spray

Tak hanya menyemprotkan disinfektan, pastikan juga untuk menjaga kesehatan keluarga dengan tetap menggunakan masker saat di rumah jika ada yang sakit dan setelah bepergian ke luar rumah, menjauhi kerumunan, menyediakan hand sanitizer, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta air bersih setelah beraktivitas.