Menerima Tamu di Masa Pandemi, Apa yang Harus Diperhatikan?

04-June-2021 Tips


Pandemi belum berakhir. Meski berbagai cara penanggulangan telah dilakukan dan vaksin sudah mulai diberikan namun pandemi masih jauh dari kata selesai. Di satu sisi kesehatan tidak bisa dikompromikan, namun di sisi lain roda aktivitas mulai berjalan seperti biasa. Ada situasi yang tidak bisa kamu hindari selamanya, misalnya kemungkinan datangnya tamu ke rumah. Nah terkait masalah menerima tamu di masa pandemi, apa yang harus diperhatikan dan bagaimana membersihkan rumah setelahnya?

Pertimbangkan kondisi kesehatan keluarga di rumah

Jika Anda atau anggota keluarga di rumah memiliki kondisi media tertentu yang bisa memperparah jika sampai terpapar virus corona speerti sedang hamil, penyakit ginjal kronis, penyakit paru obstruktif kronis, dan diabetes tipe 2. Jangan segan untuk ‘menolak’ tamu yang akan datang demi kebaikan bersama. Jangan dipaksakan ya!

Cek kondisi kesehatan tamu

Sebelum mengizinkan tamu datang ke rumah, pastikan apakah mereka  memiliki gejala seperti demam, batuk, sesak napas? Apakah baru dalam perjalanan dari luar kota atau luar negeri? Apakah ada kontak erta dengan pasien positif dalam beberapa waktu belakangan? Jika ya, buat kesepakatan apakah harus menunda pertemuan atau justru perlu melakukan tes antigen terlebih dulu sebagai langkah antisipasi.

Tetap gunakan masker dalam rumah

Meski sudah yakin semua tamu dan tuan rumah dalam kondisi sehat, namun pastikan semua orang tetap menjaga jarak dan menggunakan masker ya. Hal ini bisa diterapkan dengan otima jika kamu membatasi jumlah tamu. Sesuaikan jumlah tamu yang datang dengan luas rumahmu. Usahakan menerima tamu hanya di teras atau ruang tamu, jangan izinkan tamu masuk ke bagian pribadi seperti kamar. Mengingat standar kualitas masker yang dimiliki setiap orang berbeda, lebih baik jika kamu sudah menyediakan masker berkualitas yang bisa digunakan oleh tamu seperti SOS Surgical Mask Protection 3-ply.

Baca Juga: Tips Memakai dan Menyimpan Masker yang Benar

Pisahkan toilet untuk tamu

Jika memungkinkan, jangan izinkan tamu masuk ke kamar mandi pribadi kamu. Gunakan kamar mandi khusus tamu agar lebih mudah membersihkannya nanti setelah digunakan. Jika kamar mandimu hanya satu, pastikan kamu membersihkan kamar mandi secara menyeluruh setelah tamu pulang.

Sedia sabun, hand sanitizer, dan disinfektan spray

Sediakan perlengkapan kebersihan yang dibutuhkan agar mudah diakses. Mulai dari sabun cuci tangan, hand sanitizer, serta disinfektan spray. Dengan demikian kamu dan tamu sama-sama lebih nyaman ketika harus berinteraksi. Kamu bisa menyediakan SOS Handsoap Antibacterial, SOS Hand Sanitizer Antiseptic, dan SOS Disinfectant Spray All in One Eucalyptus.

Baca Juga: Perbedaan Hand Sanitizer Spray dan Gel, Mana yang Cocok untuk Anda?

Bersihkan rumah secara menyeluruh

Selama tamu berada di rumah, perhatikan area mana saja yang disentuh atau terpapar olehnya. Itulah area yang harus mendapat perhatian dibersihkan setelah tamu pulang. Meskipun tamu Anda mungkin tidak menyentuh tempat-tempat tertentu, yang terbaik adalah membersihkan semua permukaan yang paling sering disentuh, seperti gagang pintu, pegangan kursi, kran air, pagar, permukaan meja, dan tentu saja lantai rumah. Pel lantai secara menyeluruh menggunakan SOS Pembesih Lantai.

Terakhir, bukan hanya rumah yang perlu dibersihkan setelah menerima tamu ya! Kamu juga perlu membersihkan diri dengan mandi yang bersih menggunakan SOS Anti Bacterial Body Wash Deep Clean. Dengan persiapan yang maksimal, kamu pun bisa menerima tamu dengan lebih tenang di masa pandemi.

Baca Juga: Apakah Cara Membersihkan Lantaimu Sudah Tepat? Cek Di Sini!