Hati-hati, Ini Akibat dari Kebiasaan Pakai Masker yang Salah!

02-June-2021 Tips


Memakai masker memang wajib, tidak perlu diperdebatkan! Namun cara pakai masker yang salah, bisa menyebabkan efektivitas perlindungan masker berkurang. Bahkan tak jarang menimbulkan  dampak buruk lainnya. Hati-hati, inilah akibat dari kebiasaan pakai masker yang salah. Coba cek kembali kebiasaan memakai masker berikut ini, apakah kamu juga melakukannya?

Menyimpan masker sembarangan

Meletakkan masker sembarangan adalah salah satu kbiasaan salah yang sangat sering dilakukan. Seharusnya masker disimpan di tempat yang aman agar tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri dari luar. Kamu bisa membawa dua buah dompet khusus sebagai wadah masker. Satu digunakan untuk menyimpan masker baru yang belum digunakan, sedangkan satu lagi digunakan untuk menyimpan masker ketika kamu harus melepaskannya sejenak.

Tidak memposisikan masker dengan benar

Posisi masker saat dikenakan seharusnya menutupi dengan sempurna mulai dari batas tengah tulang hidung, pipi, mulut, dan dagu. Namun yang sering terjadi adalah masker yang digunakan diposisikan secara tidak pas—bagian hidung tidak tertutup benar atau justru masker diturunkan hingga batas dagu atau leher. Nah, jangan diulangi lagi ya!

Baca Juga: Tips Memakai dan Menyimpan Masker yang Benar

Malas mengganti masker

Masker seharusnya diganti setiap 4 jam sekali atau setiap kali masker sudah terasa lembap dan basah. Namun masih saja banyak orang yang tidak mengganti masker yang dikenakan sampai sehari penuh. Padahal masker yang sudah lembap atau kotor sudah tidak layak digunakan untuk melindungi diri dan justru dapat menyebabkan penyakit. Bukan hanya itu, masker yang kotor juga berpostensi untuk menimbulkan ‘mascne’ alias jerawat yang muncul akibat masker dan biasanya timbul di bagian wajah yang tertutup masker seperti pipi dan dagu. Duh!

Menggunakan masker berkualitas buruk

Masker dengan kualitas yang tidak terkontrol banyak beredar di pasaran. Itu sebabnya kamu perlu memilih masker dari merek yang terpercaya agar tidak sampai menggunakan produk berkualitas buruk. SOS Surgical Mask Protection 3-Ply Daily adalah masker yang terdiri dari 3 lapisan masker yang dilengkapi dengan Melltblown Filter untuk menyaring bakteri, partikel mikro, kotoran dan droplets. Telah diuji di laboraturium di USA memiliki BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) efektif melindungi mulut & hidung dari bakteri, kuman, debu & polusi.  Bahannya yang lembut dan tekstur yang berpori membuat nyaman untuk bernafas & higienis. SOS Surgical Mask Protection 3-Ply Daily tersertifikasi HALAL dan tersedia dalam varian headloop (untuk hijab) dan earloop yang bisa kamu pilih! Nomor edarnya telah terdaftar secara resmi di kemenkes yang artinya telah teruji kelayakannnya untuk digunakan.

Baca Juga: Waspada Masker Palsu, Ini Kriteria Masker Medis yang Perlu Kamu Tahu