Cara Menggunakan Masker yang Benar Saat Berolahraga

19-May-2021 Tips


Berolahraga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang menyenangkan. Meskipun begitu, kamu mungkin perlu menyesuaikan beberapa hal saat berolahraga di masa pandemi ini, agar kegiatan berolahraga tidak berbalik menjadi cluster penularan virus. Salah satunya adalah dengan tetap menggunakan masker ketika berolahraga. Namun di sisi lain, banyak orang yang menganggap memakai masker saat berolahraga justru menghambat aktivitas sehingga enggan menggunakannya. Sebenarnya, bagaimanakah cara menggunakan masker yang benar saat berolahraga? Berikut adalah tipsnya.

  • Pilih bahan masker yang tepat sehingga dapat memberikan kenyamanan. Penggunaan masker medis tetap dianjurkan karena dapat memberikan perlindungan yang lebih efektif dibandingkan jenis masker lainnya. Perhatikan kondisi lingkungan dan cuaca. Seperti faktor kelembapan udara, angin, hujan, dan lain sebagainya yang dapat mengotori dan membuat masker cepat lembap. Bawalah masker cadangan sebanyak yang diperlukan dan simpan dalam dompet atau wadah khusus yang bersih dan tahan air.
  • Meski cuaca bersahabat, kamu tetap perlu mengganti masker saat berolahraga dimulai saat kamu mulai berkeringat. Dengan begitu, aktivitas olahraga yang kamu lakukan akan lebih. nyaman.

Baca Juga: Bagaimana Membuang Sampah Bekas Masker yang Benar?

Selain cara menggunakan masker yang benar saat berolahraga, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lainnya ketika hendak berolahraga di masa pandemi. Dilansir dari halodoc, inilah tips aman berolahraga di masa pandemi:

  1. Hindari berolahraga secara berkerumun atau berkelompok. Jika kamu ingin bersepeda atau berlari, usahakan lakukan secara mandiri.
  2. Pilih rute olahraga yang sepi untuk menghindari kerumunan banyak orang. Dengan begitu, kamu tidak akan memerlukan masker saat berolahraga.
  3. Jika kamu olahraga bersama dengan orang lain, usahakan jaga jarak sesuai yang disarankan dan hindari berada segaris lurus dengan orang lain. 
  4. Persiapkan berbagai peralatan atau perlengkapan secara mandiri. Hal ini termasuk botol minum, alat kebersihan seperti handsinitizer, matras yoga, atau peralatan olahraga lain yang dibutuhkan.
  5. Jika kamu tidak yakin bisa menerapkan protokol kesehatan secara optimal saat berolahraga di luar rumah, sebaiknya lakukan olahraga di dalam rumah saja. Jangan memaksakan diri ya!

Nah, untuk kamu yang masih bingung memilih masker yang dapat digunakan saat berolahraga,  percayakan saja  pada  SOS Surgical Mask Protection. Terdiri dari 3 lapisan masker yang dilengkapi dengan Melltblown Filter untuk menyaring bakteri, partikel mikro, kotoran dan droplets. Telah diuji di laboraturium di USA memiliki BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) efektif melindungi mulut & hidung dari bakteri, kuman, debu & polusi.  Bahannya yang lembut dan tekstur yang berpori membuat nyaman untuk bernafas & higienis. SOS Surgical Mask Protection tersertifikasi HALAL dan tersedia dalam varian headloop (untuk hijab) dan earloop yang bisa kamu pilih! Nomor edarnya telah terdaftar secara resmi di kemenkes yang artinya telah teruji kelayakannnya untuk digunakan. Dapatkan SOS Surgical Mask Protection di e-commerce kesayanganmu dan mini market terdekat.