Cara Membersihkan Kandang Kucing dengan SOS Karbol Agar Bebas dari Kuman Berbahaya

16-February-2022 Tips


Tak hanya sebatas memberinya makan dan tempat tinggal, memiliki binatang peliharaan seperti kucing di rumah tentu menuntut kita untuk memerhatikan kesehatan dan kebersihannya. Salah satu cara yang harus kita lakukan adalah membersihkan kandangnya secara rutin agar tak menjadi sarang penyakit.

Cara Membersihkan Kandang Kucing di Rumah

  1. Gunakan Sarung Tangan
    Gunakan sarung tangan sekali pakai sebelum membersihkan kandang kucing di rumah. Jika sudah, mulailah dengan mengeluarkan semua peralatan yang ada di dalam kandang, seperti bak pasir, tempat makan dan minum kucing, dan beberapa barang lain yang ada di dalamnya hingga kandang benar-benar kosong. Selain itu, buang juga pasir tempat kucing Anda membuang kotorannya. Tak sembarangan membuangnya, tempatkan pasir bekasnya ke dalam plastik agar kotoran dan baunya tidak menyebar kemana-mana.
  2. Membersihkan Kandang dari Bulu Kucing yang Rontok
    Langkah selanjutnya adalah membersihkan bulu-bulu kucing yang rontok, baik yang menempel di jeruji kandang maupun di alas kandang menggunakan sikat. Tak hanya membersihkan kandang dari bulu, pastikan juga untuk membersihkan kotoran kucing yang mungkin sudah mengering menggunakan sekop, ya.
  3. Mencuci Kandang dengan Karbol Wangi dan Air Bersih
    Setelah kandang bersih dari bulu yang rontok dan kotoran kucing, Anda bisa mulai mencucinya menggunakan SOS Karbol Wangi Lemon Sereh yang ampuh membunuh kuman dan bakteri serta menghilangkan bau tidak sedap di kandang hewan dan sumber bau lainnya. Caranya cukup dengan menyiramkan dua hingga tiga tutup karbol wangi, dilanjutkan dengan menyikat seluruh kandang, lalu membilasnya menggunakan air bersih. Setelah itu, jemur kandang hingga mongering.
  4. Mencuci Perlengkapan Kucing
    Sambil menunggu kandangnya kering, cuci juga berbagai perlengkapan kucing di rumah, mulai dari tempat makan, bak pasir, dan mainan kucing yang sudah kotor menggunakan sabun dan membilasnya hingga bersih menggunakan air.
  5. Mengganti Pasir Kucing
    Setelah kandang kucing dan peralatannya sudah bersih, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengganti pasir kucing dengan yang baru dan menaruhnya di bak yang sudah bersih. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang berasal dari kotoran kucing. Ganti juga persediaan air minum yang biasa Anda tempatkan di kandang agar kesehatan kucing tetap terjaga.

Agar kesehatan dan kebersihan tetap terjaga, usahakan untuk mencuci kandang hewan peliharaan sebanyak dua kali dalam seminggu menggunakan SOS Karbol Wangi Lemon Sereh. Tak hanya mampu membersihkan serta menghilangkan bau tidak sedap dari kandang hewan berkat aroma lemon sereh yang segar, formula yang terkandung di dalam SOS Karbol Wangi Lemon Sereh juga sudah teruji di laboratorium dapat membunuh kuman seperti:

  • S. Aures (penyebab masalah pada kulit)
  • E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan)
  • P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan)
  • S. Typhimurium (penyebab demam tifus)

So, jangan malas untuk membersihkan kandang hewan peliharaan di rumah secara rutin, ya!