5 Cara Mandi yang Bersih dan Benar untuk Menjaga Kesehatan

14-June-2021 Tips


Sudah rajin mandi dua kali sehari? Pasti sudah bukan? Apalagi di masa pandemi ini, mandi benar-benar tidak boleh ditinggalkan. Namun apa kamu yakin sudah bersih? Oleh karena itu, coba terapkan 5 cara mandi yang bersih dan benar untuk menjaga kesehatan tubuhmu ya!

Lebih cepat lebih baik

Percaya atau tidak, durasi mandi tidak menentukan kebersihan tubuhmu. Bahkan ternyata kita dianjurkan mandi hanya selama 5 menit saja!  Mandi terlalu lama ternyata tidak baik untuk kulit. Sebab, kulit yang terlalu lama terkena air akan menjadi kering. Durasi ideal mandi adalah sekitar lima menit atau secukupnya waktu untuk kamu membasuh dan menyabuni seluruh bagian tubuh. Yuk mandi dengan lebih efisien dan hemat air!

Mandin secara berututan

Ternyata mandi sebaiknya tidak dilakukan sembarangan, tetapi mengikuti urutan dari bagian atas ke bagian bawah tubuh. Jadi mulailah dengan keramas sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah agar pori-pori terbuka dan kotoran lebih mudah dibersihkan. Setelah selesai bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

Baca Juga: Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Saat Mandi

Fokus pada bagian tertentu

Ketika mandi, fokuslah membersihkan bagian-bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, belakang lutut. Bagian-bagian tubuh tersebut biasanya sering terlupakan saat mandi, padahal area lipatan tubuh lebih sering berkeringat dan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Keringkan dengan handuk lembut

Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk yang berbahan lembut. Hindari menggosok-gosokkan handuk ke kulit. Cukup tepuk-tepuk ringan hingga air menyerap sendiri ke handuk. Terlalu keras menggosok handuk ke kulit, bisa menyebabkan iritasi dan gatal.

Gunakan sabun yang tepat

Untuk pilihan sabun mandi, kamu juga tidak boleh salah pilih. Gunakan SOS Anti Bacterial Body Wash Deep Clean dengan Multi Protection yang melawan 99,9% bakteri dan kuman pada kulit penyebab masalah kesehatan. Dilengkapi dengan Formula Anti Bacterial IPMP dan Triclosan efektif melawan bakteri serta kuman. SOS Anti Bacterial Body Wash Deep Clean telah teruji di laboratorium terakreditasi terhada kuman E.coli, S. aureus, S. typhimurium dan P. aeruginosa. Berita baiknya, SOS Anti Bacterial Body Wash Deep Clean juga mengandung Vitamin E yang dapat menjaga kelembutan kulit agar tidak kering.

Itulah 5 cara mandi yang bersih dan benar untuk menjaga kesehatan. Jaga kebersihan tubuh untuk mencegah penyakit mulai sekarang!

Baca Juga: Bisakah Mandi dengan Sabun Anti Bacterial Tanpa Bikin Kulit Kering?