Tak Harus Memiliki Aroma yang Wangi, Ini Cara Memilih Hand Sanitizer yang Tepat dan Penting Diketahui

29-September-2022 Healthy Care


Tetap mematuhi protokol kesehatan merupakan cara paling efektif untuk mengurangi risiko paparan virus saat kita beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tangan menggunakan hand sanitizer spray maupun gel secara berkala. Tak harus memiliki aroma yang wangi, yuk ketahui kriteria produk hand sanitizer yang baik untuk digunakan berikut ini.

 

1. Memiliki kadar alkohol yang sesuai anjuran WHO

Cara memilih hand sanitizer yang tepat adalah dengan memerhatikan kadar alkohol di dalamnya. Badan kesehatan dunia WHO menjelaskan bahwa kandungan alkohol yang dianjurkan dalam produk hand sanitizer adalah sebesar 60% ke atas. Kadar inilah yang efektif membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit secara efektif. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memerhatikan kadar alkohol yang biasanya tertera dalam kemasan produknya.

 

2. Sudah teruji klinis

Untuk membuktikan efektivitas produk hand sanitizer spray atau gel saat membunuh virus dan kuman, produk sudah harus melalui uji klinis di laboratorium. Nah, untuk mengetahuinya, Moms bisa memeriksa bagian kemasan dan lihat apakah ada klaim yang menyatakan bahwa produk ini sudah lulus uji klinis atau belum.

 

3. Tepat guna

Pilih juga produk hand sanitizer yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya pada produk SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray  dengan kandungan alkohol sebesar 73%  (Ethyl Alcohol 55%, Iso Propyl Alcohol 18%). Formula di dalamnya sudah teruji klinis dan terbukti efektif membunuh Kuman & Virus H5N1 dengan cepat, sehingga membuat tangan bersih higienis dan sangat praktis dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja.

 

4. Diformulasikan food grade

SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray dapat dibawa dalam tas dan sudah teruji food grade, sehingga aman digunakan untuk membersihkan alat makan saat bepergian atau mengunjungi tempat makan tertentu. Namun, pastikan untuk menunggu hingga kering sebelum menggunakan alat makannya, ya.

                                     

Lantas, kapan harus menggunakan hand sanitizer spray?

Agar dapat menjaga kesehatan tubuh dengan optimal terutama saat pandemi, ini dia waktu yang tepat untuk menggunakan hand sanitizer spray.

  • Saat bepergian, misal ke tempat saudara, mall, restoran, dan tempat lainnya terutama tempat umum dan banyak kerumunan.
  • Sebelum dan sesudah makan, terutama saat jauh dari akses air bersih.
  • Saat berolahraga, terutama ketika mengunjungi gym
  • Saat ke toilet umum
  • Setelah memegang benda-benda tertentu, terutama yang kita tidak tahu kebersihannya.