Perlengkapan Anti Bakteri yang Wajib Anda Bawa Saat Beraktivitas di Luar Rumah

09-December-2021 Healthy Care


Tak hanya di rumah saja, perlengkapan anti bakteri juga menjadi hal penting yang harus kita sediakan saat harus kembali beraktivitas di luar rumah, misalnya untuk ke kantor, pergi ke rumah sakit, atau supermarket. Pasalnya, saat berada di luar rumah kita lebih rentan berinteraksi dengan virus dan bakteri baik yang menempel di permukaan benda maupun yang virus yang bisa bertahan di udara (airborne). Lalu, apa saja ya perlengkapan yang mesti dibawa agar Anda bisa lebih aman dan nyaman saat beraktivitas di luar rumah?

 

Masker Medis dan Masker Kain

Perlengkapan anti bakteri pertama yang harus Anda persiapkan tentu adalah masker. Mengingat bahwa penyebaran virus COVID-19 varian delta yang semakin mengkhawatirkan, pastikan untuk memilih masker medis dengan beberapa kriteria berikut ini.

  • Mampu mampu memberikan perlindungan berlapis yang baik dan nyaman dipakai.
  • Dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri, partikel berukuran besar, dan kedap air atau droplets.
  • Memiliki bahan yang lembut dan tekstur berpori yang higienis dan nyaman untuk bernafas. 

Dengan beberapa kriteria di atas, Anda pun tak perlu bingung karena saat ini sudah ada SOS Surgical Mask Protection 3-ply Daily Earloop dan Headloop yang memberikan perlindungan dengan tiga lapis filter yang dilengkapi tali masker yang nyaman dan kuat. Masker medis dari SOS ini juga dilengkapi Meltblown Filter yang berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri, partikel dan droplets dengan BFE (Bacterial Filtration Efficiency) sebesar >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) yang efektif melindungi mulut dan hidung dari bakteri, kuman, debu, dan polusi.  

Saat memakainya, pastikan untuk mengganti masker medis setiap empat jam sekali atau saat sudah terkontaminasi debu, kotoran, atau saat bersin dan sudah lembab agar tidak mengganggu kesehatan. Untuk mendapatkan perlindungan ekstra, Anda juga disarankan untuk melapisi masker medis dengan masker kain di bagian luarnya. Dengan begini, setidaknya Anda bisa melakukan aktivitas di luar rumah dengan lebih aman dan percaya diri.

 

Hand Sanitizer

Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih memang menjadi pilihan yang paling tepat untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri yang menempel di tangan, terutama sela-sela jari. Namun, saat harus beraktivitas di luar dan sulitnya akses ke air bersih dan sabun untuk mencuci tangan, Anda bisa menjadikan hand sanitizer baik dalam sebagai salah satu perlengkapan anti bakteri yang harus ada di dalam tas, seperti SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray yang tersedia dalam ukuran 100 ml. Kandungan Alcohol total sebesar 73%  (Ethyl Alcohol 55%, Iso Propyl Alcohol 18%) di dalamnya terbukti efektif membunuh Kuman dan Virus H5N1* dengan cepat, sehingga bisa membuat tangan bersih higienis. 

Baca Juga: Manfaat Cairan Antiseptik Selain untuk Keperluan Rumah Tangga dan Cara Penggunaannya

Anda dapat menggunakan hand sanitizer dalam kondisi berikut ini.

  • Setelah mengeluarkan uang
  • Memegang gagang pintu 
  • Sebelum atau setelah makan
  • Menerima dan menyerahkan sesuatu ke orang lain

 

Tisu Basah Antibakterial

Jika masih merasa belum cukup bersih dan higienis hanya dengan menggunakan hand sanitizer, Anda juga bisa menggunakan tisu basah antibakterial. Tenang saja, tisu basah jenis satu ini aman dan efektif digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit dan juga permukaan benda, kok. Contohnya SOS Antibacterial Wipes yang mengandung IPMP dan Triclosan sebagai Antibacterial dilengkapi formula lembut dengan pH 5,5 yang membuat tisu ini nyaman dan aman digunakan pada kulit, bebas alkohol, dan memiliki wangi yang menyegarkan.  

Anda bisa menggunakan tisu basah antibakterial pada kondisi berikut ini.

  • Mengelap tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mengelap setir mobil, handle pintu, meja kerja, dan handphone
  • Mendorong trolley saat belanja di supermarket
  • Saat berada di toilet
  • Mengelap mainan anak

 

Disinfektan Spray

Penelitian dari organisasi kesehatan dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa saat ini virus COVID-19 bisa bertahan selama tiga jam di udara membuat kita harus lebih waspada. Saat harus bepergian atau beraktivitas di luar rumah, Anda juga bisa membekali diri dengan disinfektan spray yang aman digunakan untuk mensterilkan permukaan benda dari virus, kuman, dan bakteri yang menempel, hingga virus yang beterbangan di udara.  

Sebagai pilihannya, Anda bisa menggunakan SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus yang mengandung Eucalyptus Oil untuk membunuh kuman dan virus secara efektif, sehingga membantu melindungi keluarga Anda dengan mencegah penyebaran virus dan kuman berbahaya dengan aroma Eucalyptus yang menyegarkan. Kini juga tersedia SOS Disinfectant All In One Lemongrass  yang juga mampu membantu membunuh kuman yang menempel di permukaan benda dan juga yang beterbangan di udara. Beberapa tempat yang bisa Anda semprotkan disinfektan spray antara lain mobil, ruangan kantor, helm, dan beberapa benda yang Anda bawa saat beraktivitas di luar. 

Nah, dari beberapa perlengkapan anti bakteri di atas, mana yang selalu ada dalam tas Anda saat beraktivitas di luar rumah? Yuk, lengkapi sekarang juga! 

Artikel Lainnya: Disinfektan Spray, Solusi Efektif Wujudkan Liburan Keluarga yang Aman dan Nyaman