Lakukan ini Jika Terlanjur Menggunakan Hand Sanitizer dan Disinfektan Spray yang Sudah Kedaluwarsa

05-December-2022 Healthy Care


Semenjak pandemi, hand sanitizer dan disinfektan spray merupakan barang yang wajib ada di rumah dan dibawa saat beraktivitas. Lantas, masih bolehkah kita menggunakan produk hand sanitizer dan disinfektan spray yang sudah kedaluwarsa?

 

Saat masa berlakunya habis (kedaluwarsa atau expired), maka produk akan mengalami penurunan fungsi, sehingga tidak dapat membunuh kuman dan bakteri secara optimal. Melansir dari Klikdokter.com, pada umumnya hand sanitizer memiliki masa berlaku dua hingga tiga tahun terhitung sejak tanggal produksinya. Saat melewati masa berlakunya, kandungan bahan aktif alkohol di dalam hand sanitizer akan menurun dan mengalami penguapan. Terutama jika Moms sering membuka dan menutup botol hand sanitizer, maka proses penguapan akan terjadi lebih cepat.

 

Berbeda dengan hand sanitizer, disinfektan spray memiliki masa berlaku yang lebih singkat, yaitu sekitar 12 bulan sejak waktu pembelian dan saat Moms membuka segelnya. Selebihnya, disinfektan spray akan mengalami penurunan fungsi. Agar Moms tidak lupa, sebaiknya tulis kapan produk dibeli dan dibuka segelnya, lalu tempelkan di bagian kemasan.

 

Jika Moms terlanjur menggunakan produk hand sanitizer dan disinfektan spray yang sudah kedaluwarsa, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan ganti dengan yang baru. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa menggunakan produk dari SOS Antibakterial seperti:

  1. SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray 100 ml dengan kandungan total Alcohol 73%  (Ethyl Alcohol 55%, Iso Propyl Alcohol 18%) yang terbukti efektif membunuh Kuman & Virus H5N1*. Praktis dan bisa dibawa saat bepergian,  SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray dapat membuat tangan bersih dan higienis dengan cepat.
  2. SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus dengan kandungan Eucalyptus Oil yang terkenal efektif membunuh kuman & virus, sehingga membantu melindungi keluarga dari virus dan kuman berbahaya. Dapat digunakan pada benda-benda permukaan halus maupun kasar, SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus juga bisa mmenghilangkan bau, mengharumkan dan menyegarkan ruangan berkat kandungan wangi eucalyptus yang segar. Formulanya cepat kering sehingga tidak perlu dilap setelah disemprotkan loh, Moms!

 

Nah, agar Moms tidak lagi menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa di kemudian hari, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini.

 

  1. Memerhatikan label kemasan hand sanitizer dan disinfektan spraytermasuk kandungan, cara pemakaian, dan tanggal kedaluwarsanya. Bila perlu, catat tanggal pembelian dan kapan segel dibuka, kemudian tempelkan pada produknya sebagai pengingat.
  2. Menggunakan hand sanitizer dan disinfektan spray secukupnya, lalu menutupnya kembali dengan rapat agar alkohol tidak cepat menguap.

 

Hindari untuk menyimpan hand sanitizer dan disinfektan spray di beberapa tempat seperti di dalam mobil, ruangan yang panas (terpapar sinar matahari langsung), di dekat api, atau di dekat jangkauan anak-anak