Cara Memilih Sabun Cuci Tangan Cair untuk Anak di Rumah

17-November-2022 Healthy Care


Tak hanya orang dewasa, menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga juga harus diajarkan pada anak-anak. Salah satu cara paling mudah untuk memulainya adalah dengan mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangan, terutama setelah menyentuh benda, bermain, dan makan. Yuk simak cara memilih sabun tangan cair untuk anak yang bisa Moms terapkan di rumah.

 

  1. Pastikan produk sabun cuci tangan yang Moms pilih mengandung formula anti-bakterial yang sudah teruji klinis efektif membunuh kuman dan bakteri, seperti bakteri S. Aureus, E. coli, P. Aeruginosa, S. Typhimurium.
  2. Sabun cuci tangan yang mampu menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada tangan, misalnya karena bekas makanan, kotoran, maupun benda-benda lainnya.
  3. Memilih sabun cuci tangan yang dilengkapi dengan aroma kesegaran buah-buahan favorit anak, seperti jeruk, strawberry, dan melon.
  4. Selain menghilangkan aroma, pastikan juga sabun cuci tangan yang dipilih juga dapat menjaga kelembapan kulit tangan Si Kecil, sehingga kulitnya tidak kering dan mengelupas setelah mencuci tangan.

 

Dari beberapa kriteria di atas, Moms bisa menjatuhkan pilihan pada SOS Hand Wash Anti-Bacterial yang juga sudah dilengkapi kandungan bahan alami aloe vera yang mampu menjaga kulit setelah mencuci tangan. Tak boleh asal saja saat mencucinya, perhatikan cara mencuci tangan yang benar untuk diajarkan pada Si Kecil berikut ini.

 

  1. Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Gunakan SOS Hand Wash Anti-Bacterial pada telapak tangan secukupnya.
  3. Gosok telapak tangan kiri menggunakan tangan kanan, dan sebaliknya.
  4. Gosok punggung tangan dengan cara menyelipkan jari-jari kanan ke sela jari-jari kiri dan sebaliknya.
  5. Bersihkan sela-sela jari tangn dengan cara menautkan sela-sela jari tangan kanan dan kiri. Posisi telapak tangan berhadapan.
  6. Gosokan bagian belakang buku-buku jari dengan telapak tangan. Posisi jari saling mengunci.
  7. Gosok telapak tangan kanan dengan ujung-ujung jari tangan kiri searah dengan jarum jam dan sebaliknya.
  8. Gosok ibu jari kiri dengan cara menggenggamnya dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  9. Bilas hingga bersih dengan air mengalir.
  10. Keringkan dengan handuk atau tisu. Gunakan tisu untuk menutup keran air.

 

Artikel Lainnya: Cara Membersihkan Lantai yang Lengket Akibat Sisa Makanan Anak yang Berjatuhan