Tips Memakai dan Menyimpan Masker yang Benar

30-April-2021 Healthy Care


Setahun lebih sudah memakai masker menjadi bagian dari keseharian kita. Namun apakah kamu sudah tahu cara memakai dan menyimpan masker dengan benar? Simak tips memakai dan menyimpan masker dengan benar berikut ini yuk!

Cara memakai masker yang benar

Dilansir dari covid19.kemkes.go.id berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum memakai masker.

  • Biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker, boleh menggunakan air mengalir dengan sabun, boleh juga menggunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.
  • Pastikan hidung, mulut, dan dagu tertutup seluruhnya, bagian berwarna berada di depan, dan bagian berwarna putih yang menempel di wajah.
  • Tekan bagian atas masker yang ada kawatnya agar sesuai bentuk hidung.
  • Jangan menurunkan masker ke dagu atau leher karena akan membuka peluang masker terkontaminasi virus dan bakteri.
  • Ganti masker minimal setiap 4 jam sekali atau setiap kali kamu merasa masker sudah kotor dan lembap.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Baik yang Perlu Dilanjutkan untuk Menyambut New normal

Cara menyimpan masker dengan benar

Sedangkan cara menyimpan masker adalah beirkut ini:

  • Saat bepergian, masker sebaiknya disimpan dalam wadah khusus yang sudah disiapkan dalam tas, dan sebaiknya sediakan dua kantong khusus masker di dalam tas. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai.
  • Lapisi dengan tisu atau kain bersih agar tidak kontak dengan barang-barang di luar
  • Sebelum melepas maske, cuci tangan terlebih dulu kemudian buka masker tanpa harus menyentuh bagian tengahnya, pegang bagian talinya saja.

Demikian tips memakai dan menyimpan masker yang benar. Sedangkan untuk pilihan maskernya, percayakan pada SOS Surgical Mask Protection. Terdiri dari 3 lapisan masker yang dilengkapi dengan Melltblown Filter untuk menyaring bakteri, partikel mikro, kotoran dan droplets. Telah diuji di laboraturium di USA memiliki BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) efektif melindungi mulut & hidung dari bakteri, kuman, debu & polusi.  Bahannya yang lembut dan tekstur yang berpori membuat nyaman untuk bernafas & higienis. SOS Surgical Mask Protection tersertifikasi HALAL dan tersedia dalam varian headloop (untuk hijab) dan earloop yang bisa kamu pilih! Nomor edarnya telah terdaftar secara resmi di kemenkes yang artinya telah teruji kelayakannnya untuk digunakan. Dapatkan SOS Surgical Mask Protection di e-commerce kesayanganmu dan mini market terdekat.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Protokol Keluar Rumah di Tengah Pandemi COVID-19