Manfaat Cairan Antiseptik Selain untuk Keperluan Rumah Tangga dan Cara Penggunaannya

06-August-2021 Healthy Care


Tak hanya bermanfaat untuk keperluan rumah tangga   ternyata masih banyak manfaat cairan antiseptik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk dapat merasakan manfaat yang maksimal, tentu harus tahu bagaimana cara menggunakannya secara tepat, bukan? Yuk, simak informasinya berikut ini.

 

Membersihkan Luka dan Lecet

Antiseptik juga dikenal mampu mencegah terjadinya infeksi pada luka ringan, lecet, atau gigitan serangga. Misalnya saja saat anak terjatuh dan menyebabkan lutut atau bagian tubuhnya terluka, alih-alih langsung menutup lukanya menggunakan plester luka, Anda bisa membersihkannya menggunakan cairan antiseptik  untuk mencegah bakteri atau virus masuk ke dalam luka dan membuatnya semakin parah. Ikut cara berikut, campurkan cairan antiseptik seperti SOS Antiseptic Antibacterial Liquid dengan air bersih dalam wadah.  Basuh dan bersihkan luka dengan menggunakan kain bersih atau kapas yang sudah dibasahi oleh campuran air dan antiseptik tadi. Tak perlu khawatir, SOS Antiseptic Antibacterial Liquid dilengkapi Eucalyptus Oil dengan kandungan 1,8-Sineol yang dikenal efektif membunuh kuman dan kandungan Vitamin E dengan formula yang lembut di kulit membuat cairan antiseptik yang satu ini aman untuk permukaan kulit.

 

Menghilangkan Bau Kaki

Sering merasa tidak percaya diri karena bau kaki yang cukup mengganggu akibat kuman dan kaki yang selalu berkeringat? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan kaki menggunakan cairan antiseptik  Campurkan cairan antiseptik ke dalam air hangat. Setelah itu, rendam kaki selama 10-15 menit, bersihkan kaki mulai dari sela-sela jari dan telapak kaki, dan keringkan menggunakan kain bersih yang halus. Laukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

Membersihkan Peralatan Anak

Sadarkah Anda kalau peralatan anak seperti dot, teether, meja kursi MPASI anak yang ada di rumah juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit? Jika dibiarkan kotor dan tidak dibersihkan secara rutin, tentu kuman yang menempel di mainan bisa saja berpindah ke tangan dan akhirnya menginfeksi tubuh anak. Tak cukup hanya dengan mengelapnya menggunakan kain bersih, Anda juga bisa memanfaatkan cairan antiseptik sebagai salah satu solusi untuk membersihkan peralatan anak di rumah, lho!

 

Disinfeksi Tempat Sampah 

Tempat sampah merupakan spot yang juga dipenuhi oleh kuman dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melapisi tempat sampah dengan plastik khusus sampah dan juga membersihkannya dengan cairan antiseptik secara rutin. Anda bisa langsung menuangkan cairan antiseptik (tanpa campuran air) ke tempat sampah, kemudian menyikat dan membilasnya hingga bersih.

 

Dari beberapa manfaat cairan antiseptik selain untuk keperluan rumah tangga di atas, mana yang paling sering Anda lakukan di rumah? Yuk, jaga kesehatan rumah dan keluarga dengan mematuhi protokol kesehatan dan juga menyediakan cairan antiseptik seperti SOS Antiseptic Antibacterial Liquid di rumah untuk mencegah ancaman penyakit akibat virus, kuman, dan bakteri yang menempel. Pastikan untuk selalu memerhatikan takaran dan cara penggunaan produknya yang tertera di bagian belakang kemasan, ya!