Kulit Menjadi Kesat dan Kering Setelah Menggunakan Sabun Mandi Anti Bakteri, Aman atau Tidak, Ya?

13-July-2022 Healthy Care


Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasinya, sebaiknya pahami dulu beberapa kemungkinan penyebab kulit kesat dan kering setelah mandi berikut ini :

 

  1. Penggunaan sabun mandi yang berlebihan

Banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak jumlah sabun mandi yang digunakan, maka semakin bersih pula badan kita dari debu, kotoran, kuman, dan bakteri yang menempel. Dilansir dari laman online Liputan6.com, terlalu banyak menggunakan sabun saat mandi justru bisa menghilangkan minyak alami tubuh yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea. Hal inilah yang bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya sehingga tampak kering dan muncul sensasi tertarik, terutama di bagian tangan, lengan, dan kaki.

 

  1. Pemilihan sabun mandi anti bakteri yang tidak memberikan efek melembapkan

Kulit kesat dan kering setelah mandi juga bisa disebabkan oleh penggunaan sabun mandi yang salah, yaitu sabun mandi yang memiliki kandungan bahan kimia yang terlalu keras dan tidak memberikan efek melembapkan.

 

  1. Menggosok tubuh terlalu kasar

Saking ingin memastikan bahwa kulit sudah benar-benar bersih, banyak orang akan menggunakan alat bantu seperti shower puff dan menggosoknya dengan kencang dan kasar di seluruh bagian tubuh. Sayangnya, cara yang satu ini justru bisa membuat kulit menjadi kering bahkan memicu iritasi loh, Moms.

 

  1. Menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas

Mandi menggunakan air panas, terutama setelah beraktivitas seharian penuh memang terbukti sangat ampuh untuk membuat tubuh terasa rileks. Namun, lain ceritanya jika Anda menggunakan suhu air yang digunakan terlalu panas untuk membilas tubuh saat mandi. Cara yang satu ini justru bisa menghilangkan kelembapan alami tubuh, memperbesar pori-pori kulit, hingga membuat kulit mengalami dehidrasi, sehingga kulit terasa kesat dan kering. Apakah Anda mengalaminya?

 

  1. Mengeringkan tubuh menggunakan handuk yang kasar

Seringkali kita mengeringkan tubuh setelah mandi menggunakan handuk secara kasar. Alih-alih membuat tubuh kering sempurna, cara yang satu ini justru membuat kulit terasa kering dan kasar akibat gesekan yang terjadi, apalagi jika handuk yang digunakan terbuat dari bahan yang kasar.

 

Cara mengatasi kulit kesat dan kering setelah mandi

Agar kulit bersih, lembap, dan terjaga kesehatannya, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini.

 

  1. Mandi menggunakan sabun anti bakterial yang tepat

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memilih sabun mandi anti bakterial yang tepat dan bisa memberikan efek melembapkan, seperti rangkaian produk SOS Anti-Bacterial Body Wash seperti berikut ini.

  • SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean

Sabun mandi multiprotection yang dilengkapi dengan kandungan susu untuk menjaga kelembutan kulit. Dengan begini, kulit jadi tidak kering serta memiliki aroma fresh medicated scent yang menyegarkan dan tahan lama.

  • SOS Anti-Bacterial Body Wash Relax & Clean

Diformulasikan dengan aroma lavender yang menenangkan dan wangi tahan lama, sabun mandi anti bakterial ini menghasilkan busa melimpah yang bisa membantu menjaga kelembutan kulit tubuh, sehingga kulit tidak kering dan mengalami kerusakan.

Diformulasikan dengan IPMP dan Triclosan sebagai anti bakterial yang ampuh melawan bakteri dan kuman, SOS Anti-Bacterial Body Wash Gentle Clean dan SOS Anti-Bacterial Body Wash Relax & Clean cocok menjadi sabun mandi anti bakteri bagi anggota keluarga.

 

  1. Membilas tubuh menggunakan air dengan suhu yang tidak terlalu panas

Membilas tubuh menggunakan air dingin saat mandi merupakan cara yang paling direkomendasikan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kita. Namun tenang, penggunaan air hangat tidaklah dilarang, hanya saja pastikan bahwa suhu air yang digunakan tidak terlalu panas dan usahakan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit.

 

  1. Menggosok shower puff dengan lembut dan perlahan

Gosokkan shower puff secara lembut dan perlahan di seluruh bagian tubuh. Tak perlu dilakukan setiap hari, Anda bisa mandi menggunakan shower puff sebanyak dua kali dalam seminggu saja.

 

  1. Mengeringkan tubuh menggunakan handuk yang lembut

Tak perlu menggosoknya dengan kasar dan kencang, sebaiknya keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara menepuknya secara perlahan. Setelah itu, aplikasikan moisturizer atau lotion untuk menjaga kelembapan tubuh dengan baik.