Bahaya Menggunakan Sabun Cuci Tangan Anti Bakterial Untuk Mandi

30-December-2022 Healthy Care


Terkadang, dalam keadaan mendesak banyak orang menggunakan sabun cuci tangan anti bakterial sebagai pengganti sabun ketika mandi. Melansir dari Alodokter.com, umumnya hand wash atau sabun cair untuk cuci tangan memiliki kandungan bahan-bahan yang lebih "keras" terhadap kulit. Sebab tujuannya adalah sebagai antiseptik (mematikan kuman) yang menempel di tangan.

 

Beberapa kandungan agen antibakterial di dalam sabun cuci tangan adalah triclosan, agen keratolitik, alkohol, dan pewangi yang cukup menyengat. Oleh karena itu, jika sabun cuci tangan anti bakterial digunakan untuk membersihkan kulit tubuh saat mandi dapat menimbulkan kulit kering bahkan iritasi pada orang-orang dengan kulit yang sensitif.

 

Cara mencegah terjadinya iritasi pada kulit tubuh

Bila Anda terlanjur menggunakan sabun cuci tangan anti bakterial dan memicu iritasi pada kulit, maka ada baiknya untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Menghentikan penggunaan sabun cuci tangan sebagai sabun mandi.
  2. Menggunakan pelembap tanpa pewangi lebih sering pada kulit.
  3. Minum air putih yang cukup dan mengonsultasikan kondisi kesehatan kulit pada dokter apabila gejala iritasi tersebut tidak kunjung menghilang dalam 2-3 hari
  4. Menggunakan sabun mandi antibacterial yang tepat.

 

Agar tepat guna, simak cara memilih sabun mandi anti bakteri yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit Anda dan keluarga sebagai berikut.

  1. Memilih sabun mandi yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit tubuh.
  2. Memilih sabun mandi cair yang untuk menjaga kelembapan tubuh dengan lebih baik.
  3. Memilih sabun mandi yang mengandung formula anti bakteri untuk membantu mengurangi bau tidak sedap yang muncul saat kulit berkeringat, kotor, dan mengandung banyak bakteri.
  4. Memerhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan, sehingga Anda tetap dapat menjaga kesehatan dan kelembutan kulit tubuh dengan baik.

 

Oleh karena itu, sebaiknya apabila diperlukan untuk mandi tetap gunakan sabun mandi anti bakteri di rumah maupun saat bepergian dengan beberapa rekomendasi sabun mandi yang bisa Anda gunakan sebagai berikut.

 

1. SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Hal ini karena SOS Antibacterial Body Wash - Gentle Clean dilengkapi kandungan susu yang dapat menjaga kelembutan kulit serta memberikan aroma yang menyegarkan dan tahan lama.

 

2. SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean

Sabun mandi cair anti bakterial dengan formula Multi Protection yang sudah teruji klinis efektif membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Kandungan Lavender Scent di dalam SOS Antibacterial Body Wash - Relax & Clean

berperan sebagai aromaterapi yang menenangkan dan tahan lama.

 

Dari kedua pilihan sabun mandi anti bakteri di atas, mana yang jadi favorit Anda?