Kegunaan Cairan Antiseptik untuk Keperluan Anak? Apa Saja, Ya?

10-September-2021 Artikel


Kegunaan cairan antiseptik dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, mulai dari menjaga kebersihan hingga kesehatan keluarga. Jika selama ini cairan antiseptik lebih banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, ternyata kita bisa memanfaatkan cairan antiseptik untuk berbagai keperluan anak-anak, lho. Apa saja, ya?

 

Campuran untuk mandi

Kegunaan cairan antiseptik yang pertama adalah sebagai campuran untuk mandi, seperti SOS Antiseptic Antibacterial Liquid. Tujuannya adalah untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tubuh anak saat mereka bermain atau saat bepergian ke luar rumah. Caranya, Anda cukup mencampurkan 1 tutup penuh cairan antiseptik ke dalam bak mandi atau ember yang biasa digunakan untuk mandi dan menggunakannya seperti biasa. Tak perlu khawatir, cara yang satu ini sangat aman dilakukan kok, pastikan saja Si Kecil tidak meminum air yang sudah tercampur cairan antiseptik saat mandi, ya.

 

Membersihkan luka

Sebagai anak yang aktif, tak jarang mereka akan terluka saat bermain dan menyebabkan salah satu anggota tubuhnya tergores dan meninggalkan luka. Alih-alih langsung menutupnya menggunakan plester luka, Anda bisa memanfaatkan cairan antiseptik untuk membersihkan luka pada anggota tubuh Si Kecil. Caranya adalah dengan membasahi kain bersih atau kapas menggunakan SOS Antiseptic Antibacterial Liquid, lalu usapkan pada luka untuk mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri dan kotoran yang masuk. Kandungan Eucalyptus Oil dengan kandungan 1,8-Sineol di dalamnya dikenal efektif membunuh kuman, sehingga luka bisa cepat kering dan tidak bertambah parah. 

 

Membersihkan mainan anak

Mainan anak juga menjadi sumber kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Pasalnya, mainan menjadi benda yang seringkali dipegang oleh anak dan dibiarkan bertebaran di rumah memungkinkan virus, kuman, dan bakteri banyak menempel. Jika dibiarkan kotor dalam waktu yang lama, tentu akan sangat membahayakan bagi kesehatan Si Kecil. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkannya secara rutin, seperti merendam boneka atau mengelap mainan menggunakan air yang dicampur cairan antiseptik, ya. Tunggu hingga mengering, sehingga Si Kecil bisa kembali bermain dengan lebih aman.

 

Membersihkan perlengkapan anak

Selain mainan anak, perlengkapan anak seperti meja dan kursi makan, stroller anak juga berpotensi sebagai sumber kuman dan bakteri penyebab penyakit. Biasanya akibat udara yang lembap, sisa makanan yang menempel, dan debu serta kotoran di rumah. Tak cukup hanya dengan mencucinya menggunakan sabun, Anda juga bisa mengelapnya menggunakan cairan antiseptik secara rutin untuk memberikan perlindungan ekstra dari kuman dan bakteri jahat. 

Baca Juga: 5 Kegunaan Cairan Antiseptik untuk Keperluan Rumah Tangga. Apa Saja, Ya?

 

Membersihkan Area Bermain Anak

Kegunaan cairan antiseptik selanjutnya adalah untuk membersihkan area bermain anak atau tempat yang seringkali digunakan anak untuk beraktivitas di rumah. Beberapa tempat ini misalnya meja ruang tamu, ruang bermain, atau karpet ruang keluarga. Agar lebih menyenangkan, Anda juga bisa mengajak SI Kecil untuk ikut membersihkan bersama. Namun, pastikan untuk selalu mengawasinya dan segera mencuci tangan hingga bersih setelahnya.

 

 

Melihat banyaknya kegunaan cairan antiseptik bagi kehidupan sehari-hari, jangan lupa sediakan selalu SOS Antiseptic Antibacterial Liquid untuk menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga Anda di rumah. Jauhkan dari jangkauan anak dan pastikan bahwa benda-benda yang sudah dibersihkan menggunakan cairan antiseptik sudah dalam kondisi kering saat digunakan agar kesehatan anak tetap terjaga.