Alasan Harus Pakai Masker Dua Lapis dan Cara Menggunakan Masker Dobel yang Benar

30-June-2021 Artikel


Angka penularan virus COVID-19 masih saja tinggi. Kita harus berusaha bersama agar pandemi bisa selesai lebih cepat dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, melakukan vaksinasi, membatasi mobilitas, dan banyak cara lain yang bisa kita lakukan. Mengingat virus COVID-19 varian baru menular lebih cepat, anjuran memakai masker dobelpun mulai disosialisasikan. Sebenarnya, mengapa kita harus pakai masker dobel dan bagaimana cara menggunakan masker yang benar?

Dilansir dari kompas.com, penggunaan masker dobel atau dua lapis dinilai lebih efektif menangkal penularan virus corona. Masker dapat mencegah droplet pernapasan dan virus corona yang menyebar dari orang lain, serta melindungi penggunanya.

Cara pemakaian masker dobel yang benar

Untuk menghindari pemakaian yang kurang tepat, cara pemakaian masker dobel yang benar perlu dilakukan. Berikut cara pemakaian dobel masker atau dua masker yang benar:

  1. Gunakan masker medis sebagai lapisan pertama.
  2. Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker medis ditekan ke arah wajah, sehingga mengikuti bentuk hidung
  3. Kemudian, lapisi masker medis dengan masker kain yang terdiri dari tiga lapis kain yang ukurannya pas dengan wajah kamu.
  4. Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala
  5. Coba hembuskan napas dan rasakan ada tidaknya udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Bila masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker
  6. Pastikan kamu masih tetap bisa bernapas dengan nyaman dalam kondisi memakai dua masker.
  7. Buang masker medis setelah sekali pakai, meski sebelumnya ditutupi oleh masker kain. Sementara itu, masker kain dapat digunakan kembali setelah dicuci hingga bersih.
  8. Jangan dobel masker medis jenis N95 dengan masker kain karena efektivitasnya mencapai 95% sehingga tak dapat dirangkap karena justru dapat menyebabkan kesulitan bernapas

Baca Juga: Alasan Harus Pakai Masker Meski Berada di Rumah

Itulah cara menggunakan masker dobel yang benar. Untuk pilihan maskernya, percayakan pada SOS Surgical Mask Protection 3-Ply. Terdiri dari 3 lapisan masker yang dilengkapi dengan Melltblown Filter untuk menyaring bakteri, partikel mikro, kotoran dan droplets. Telah diuji di laboraturium terakreditasi di USA memiliki BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency).  Bahannya yang lembut dan tekstur yang berpori membuat nyaman untuk bernafas & higienis. SOS Surgical Mask Protection tersertifikasi HALAL dan tersedia dalam varian headloop (untuk hijab) dan earloop yang bisa kamu pilih! Nomor edarnya telah terdaftar secara resmi di kemenkes yang artinya telah teruji kelayakannnya untuk digunakan. Dapatkan SOS Surgical Mask Protection di e-commerce kesayanganmu dan mini market terdekat.

Artikel lainnya: Bagaimana Membuang Sampah Bekas Masker yang Benar?

 

Sumber: kompas.com