Tips Mengajari Anak Cuci Tangan Tanpa Bilas dengan Hand Sanitzer

17-September-2020 Tips


Mencuci tangan adalah syarat mutlak dalam menjaga kesehatan, khususnya di masa pandemi ini. Salah satu yang paling menantang adalah mengajarkan dan membiasakan anak untuk mencuci tangan. Sebab, meski berada di rumah saja, kegiatan mereka pasti cukup banyak dan tak jarang membuat tangan mereka kotor. Padahal tangan yang kotor apabila digunakan untuk menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut akan sangat berbahaya dan menjadi ‘pintu’virus. Nah, Moms, berikut ini adalah tips mengajarkan anak cuci tangan tanpa bilas dengan hand sanitizer!

Pilah Jenis ‘kotoran’

Mencuci tangan dengan hand sanitizer mungkin lebih mudah dilakukan oleh anak-anak. Sebab mereka dapat melakukannya sendiri meski tidak dibantu oleh orang dewasa. Namun hal yang perlu Moms ajarkan pada mereka adalah membedakan jenis kotoran yang dapat dibersihkan dengan hand sanitizer atau dengan air dan sabun. Hand sanitizer dengan kadar alcohol di atas 60% memang efektif untuk membunuh virus, namun jika kondisi tangan berlumuran kotoran seperti tanah, pasir, ataupun sisa makanan, maka tangan harus tetap dicuci dengan air dan sabun dan tidak cukup hanya dengan hand sanitizer saja.

Menghitung atau bernyanyi

Membersihkan tangan dengan hand sanitizer tidak berarti dilakukan dengan asal gosok saja. Idealnya  tetap harus dilakukan selama 20 detik atau lebih agar kuman dan virus benar-benar mati. Nah, Moms bisa mengajarkan anak untuk menggosok tangan dengan hand sanitizer secara menyeluruh sambil menghitung hingga 20 atau sambil menyanyikan lagu anak favoritnya.

Tunggu hingga kering

Terakhir, tegaskan pada anak bahwa ketika membersihkan tangan dengan hand sanitizer, ia harus sabar menunggu hingga cairannya mengering sendiri di tangan. Hindari mengelapnya denga tisu, handuk, ataupun baju.

Bagian paling menantang adalah saat Moms harus terus bersabar dan konsisten agar anak dapat menerapkan kebiasaan sehat ini dengan benar, namun yakinlah Moms pasti bisa mengajarkan yang terbaik pada Buah Hati. Untuk hand sanitizer terpercaya yang cocok digunakan seluruh keluarga gunakan SOS Hand sanitizer Antiseptic Spray. Terbukti efektif membunuh virus dan bakteri dengan kandungan alkohol 73%. Formulanya tidak membuat kulit kering ampuh membunuh virus dan kuman dalam sekejap. SOS Hand sanitizer Antiseptic telah teruji klinis di laboraturim mampu membunuh virus & kuman: E.coli (Penyebab diare), S.aureus (penyebab infeksi kulit), P.aeruginosa (penyebab infeksi saluran pernapasan), S.typhimurium (penyebab demam tifus) dan Virus Avian Influenza H5N1 (penyebab flu burung). S.O.S Hand sanitizer juga tersedia dalam kemasan pump dan gel.

Segera dapatkan SOS Hand sanitizer Antiseptic  dari rumah melalui BlibliLazadaTokopedia, dan Shopee