Perbedaan Hand Sanitizer Spray dan Gel, Mana yang Cocok untuk Anda?

16-March-2021 Tips


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan, berbagai jenis hand sanitizer pun hadir di pasaran. Namun banyaknya jenis hand sanitizer saat ini mungkin membuat Anda bingung, misalnya saja bagaimana perbedaan hand sanitizer spray dan gel, dan mana yang cocok untuk Anda?

Dilansir dari Detik Health, hand sanitizer cair umumnya dapat bekerja lebih cepat untuk membunuh kuman yakni kurang dari 15 detik. Sementara pembersih gel membutuhkan waktu hingga 30 detik untuk menghilangkan virus atau bakteri. Selain itu, hand sanitizer cair juga lebih mudah kering dibandingkan hand sanitizer berjenis gel.

Kendati hand sanitizer gel lebih lama menyerap di tangan, namun hand sanitizer jenis ini merupakan jenis yang sangat baik untuk menjaga tangan bersih lebih lama sepanjang hari. Hal ini dikarenakan jenis gel yang lebih lama menyerap pada kulit.

Dengan perbedaan antara hand sanitizer spray dan gel tersebut, mana yang lebih cocok untuk Anda? Sebagian orang mungkin lebih menyukai tekstur cair sedangkan sebagian lainnya tekstur gel, yang terpenting adalah kesadaran untuk membersihkan tangan secara teratur setiap selesai berkegiatan atau menyentuh berbagai benda yang mungkin menjadi sumber penyebaran kuman. Selain itu yang perlu diperhatikan justru kandungan di dalamnya. Apakah hand sanitizer yang digunakan sudah memenuhi kriteria berikut:

  • Teruji klinis
    Cek pada kemasan, apakah produk sudah diklaim teruji klinis di laboraturium? Uji klinis penting untuk membuktikan efektivitas produk tersebut saat membunuh virus dan kuman.
  • Praktis dan tepat guna
    Apakah kemasan hand sanitizer sudah cukup ‘handy’ dan praktis digunakan? Hand sanitizer yang berukuran terlalu besar mungkin akan lebih sulit dibawa. Atau sebaliknya, apakah Anda membutuhkan hand sanitizer kemasan besar untuk di rumah atau di meja kantor. Kembalikan lagi pada kebutuhan Anda.
  • Kadar alkohol sesuai
    Kandungan alkohol yang terdapat dalam hand sanitizer memiliki fungsi untuk membunuh kuman dan virus penyakit. Menurut berbagai penelitian kadar alkohol dalam hand sanitizer minimal harus 60% atau agar bisa bekerja efektif membunuh virus.

Semua kriteria hand sanitizer di atas dimiliki oleh SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray dan SOS Hand Sanitizer Antiseptic Gel.  Dengan kadar alkohol total sebanyak 73%, semua jenis hand sanitizer dari SOS sudah memenuhi kriteria yang baik untuk membersihkan tangan tanpa bilas dan efektif membunuh virus dan kuman. Dapatkan produknya di apotik, superkarmet atau hypermarket atau melalui pembelian online melalui Tempo Store yang tersedia di BlibliLazadaTokopediadan Shopee.