Cara Tepat Mencuci Tangan dengan Sabun Antiseptik untuk Cegah Virus Menurut WHO

15-March-2020 Tips


Sejak awal kemunculannya di akhir Desember 2019 lalu, wabah virus Corona atau COVID-19 telah menjadi perhatian dunia. Seiring dengan penyebarannya yang semakin meluas di berbagai negara di dunia, tingkat kewaspadaan masyarakat terhadap penularan virus ini pun semakin meningkat.

Sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona, pemerintah maupun para ahli kesehatan menganjurkan agar kita semua lebih memperhatikan kebersihan dengan mencuci tangan. Jika selama ini Moms telah melakukan kebiasaan mencuci tangan, kini frekuensinya harus ditambah dan tentu saja langkah-langkah mencuci tangan harus dilakukan dengan tepat. Menurut WHO, inilah cara mencuci tangan yang benar dan efektif untuk membunuh virus penyakit.

  1. Basahi tangan dengan air bersih. Jika tangan Moms benar-benar terlihat kotor (tampak bernoda, lengket, dan sebagainya), maka dianjurkan menggunakan air mengalir dari kran.
  2. Tuangkan sabun pencuci tangan secukupnya, sehingga seluruh bagian telapak maupun punggung tangan Anda dapat tercover oleh sabun.
  3. Gosok telapak tangan menggunakan telapak tangan lainnya dengan gerakan memutar.
  4. Kaitkan sela-sela jari tangan kiri ke sela-sela jari tangan kanan melalui punggung tangan, gosok perlahan dan sebaliknya.
  5. Kaitkan sela-sela jari tangan kiri dan kanan sehingga saling silang (dari sisi telapak tangan).
  6. Kaitkan bagian dalam jari tangan kanan dan kiri dengan gerakan seperti mengunci lalu gosokkan dari atas ke bawah.
  7. Genggam ibu jari tangan kiri dengan tengan kanan, gosok denga berakan memutar dan sebaliknya.
  8. Gosok telapak tangan kiri dengan gerakan memutar menggunakan ujung-ujung jari (kuku) tangan kanan dan sebaliknya.
  9. Bilas tangan dari sisa sabun hingga benar-benar bersih menggunakan air mengalir.
  10. Keringkan tangan dengan tisu sekali pakai  .

Nah, Moms bisa mengikuti langkah-langkah di atas saat mencuci tangan dan menghindari penularan virus dan kuman. Selain langkah-langkahnya perlu dilakukan dengan benar, pastikan Moms mencuci tangan sekurang-kurangnya dalam waktu 40 detik untuk memastikan proses mencuci tangan benar-benar bersih dan menyeluruh. Gunakan juga sabun pencuci tangan yang mengandung formula anti bacterial seperti S.O.S Hand Wash Anti Bacterial yang sudah teruji klinis 99% yang efektif membunuh virus dan kuman (bakteri S. Aureus, E. coli, dan P. Aeruginosa ). Mengandung Vitamin E yang mampu merawat tangan agar tetap halus dan lembut. Wangi buah dan daun mint dapat menghilangkan bau tak sedap di tangan. Dapatkan produk S.O.S Hand Wash Anti Bacterial secara offline di supermarket atau hypermarket terdekat dan secara online di Tempo Store yang tersedia di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee!