4 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

06-January-2020 Tips


Musibah banjir di berbagai tempat yang mengawali tahun baru 2020 tentu membuat kita semua resah. Bukan hanya merasa khawatir akan keselamatan seluruh keluarga, tetapi juga harus merasakan kerepotan membersihkan rumah pasca banjir. Jika rumah Moms dan keluarga berada di kawasan yang terkena banjir, maka bersiaplah untuk membersihkan seisi rumah pasca banjir dengan 4 tips berikut ini.

1. Bersihkan lumpur
Pertama-tama, Moms harus membersihkan lumpur yang terbawa masuk ke dalam rumah. Siapkan alat-alat yang diperlukan seperti selang air dan serokan air. Penggunaan selang akan membuat Moms lebih mudah membersihkan lantai secara menyeluruh karena Anda dapat menyemprotkan air hingga ke bagian sudut-sudut rumah.  Setelah itu serok sisa lumpur semaksimal mungkin hingga keluar dari rumah, lanjutkan dengan membilas lantai dengan air bersih.

2. Bersihkan perabotan berdasarkan material
Seluruh perabotan yang terkena banjir tentu harus dibersihkan. Untuk memudahkan prosesnya, Moms bisa memilah perabot berdasarkan materialnya sebelum dibersihkan. Perabotan dari bahan kayu memiliki pori sehingga mudah berjamur dan mungkin perlu dibuang. Namun jika materialnya kayu solid, perabot tersebut masih mungkin dibersihkan dan diperbaiki. Sofa, karpet, dan kasur tidak cukup hanya dijemur. Moms perlu membersihkannya dengan bantuan profesional karena jamur sangat mudah menyebar. Jika kondisinya sangat parah atau terendam air lebih dari 24 jam, besar kemungkinan Moms perlu membuangnya.

3. Bersihkan peralatan makan dan dapur
Perabot yang sangat perlu diperhatikan saat membersihkannya adalah peralatan makan dan dapur. Sebab barang-barang ini bersinggungan langsung dengan bahan-bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Rendam peralatan makan dalam wadah berisi air hangat yang telah dicampur S.O.S Pencuci Piring Lime Fresh atau Lemon Ginger selama 10 menit dilanjutkan dengan mencucinya seperti biasa. Untuk panci dan alat masak, perlu direndam di dalam air mendidih selama 10 menit dan lanjutkan pula dengan mencucinya dengan S.O.S Pencuci Piring.

4. Gunakan cairan antibakterial
Setelah seluruh bagian rumah dan perabot dibersihkan, pel lantai rumah dengan cairan disinfektan seperti  S.O.S Karbol Wangi (tersedia pilihan aroma Classic Pine dan Lemon Pine). Moms mungkin perlu mengulangi proses mengepel lantai dengan karbol setidaknya 2x untuk memastikan kuman sisa limbah banjir benar-benar mati. Kemudian akhiri dengan mengepel lantai dengan S.O.S Pembersih Lantai Antibacterial dengan aroma favorit pilihan Moms; Lemon Twist, Apple Wonder, Orange Splash, Magic Violet, dan Floral Blossom.

Selain memiliki aroma segar, S.O.S Karbol Wangi dan S.O.S Pembersih Lantai Antibacterial, juga memiliki formula yang teruji klinis 99% mampu menghilangkan kuman yang ada di permukaan lantai diantaranya S. Aures (penyebab masalah pada kulit), E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan), P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan), dan S. Typhimurium (penyebab demam tifus).Dapatkan produk-produk S.O.S di atas untuk membersihkan rumah pasca banjir dengan melakukan pembelian di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.