Waspada Kuman dan Virus di Rumah Anda!

27-December-2016 Artikel


Secara alami, bakteri dan virus selalu ada di sekitar kita. Gawatnya, sebagian dari bakteri dan virus itu merupakan kuman penyebab penyakit. Jika daya tahan tubuh Anda dan keluarga sedang menurun, bisa-bisa satu per satu anggota keluarga tertular penyakit dari kuman yang tersebar di area rumah sendiri! Nggak mau kan ini terjadi? Salah satu cara menghindarinya adalah dengan rajin membersihkan rumah dan cuci tangan secara teratur. Jika Anda sekeluarga rajin cuci tangan dengan sabun anti bakteri, persebaran kuman pun bisa dicegah. Termasuk kuman penyakit jahat berikut ini :

S. aureus
Lantai dan furniture yang kotor dan berdebu menyimpan banyak bakteri, namun Anda harus lebih waspada pada munculnya S. aureus. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi pada berbagai organ tubuh. Penyakit yang terjadi pun beragam, mulai dari yang ringan seperti penyakit kulit, jerawat, abses, gangguan pencernaan, mual, muntah; sampai yang parah seperti meningitis dan pneumonia. Pada ibu menyusui, dapat terjadi juga mastitis alias peradangan pada payudara dan saluran ASI. Ngeri kan? Inilah sebabnya mengapa lantai dan furniture harus dibersihkan secara berkala. Selalu ingat juga untuk cuci tangan setelah menyentuh permukaan yang kotor.

E. coli
Bakteri ini umum ditemukan di peralatan dapur dan makanan yang tidak higienis. Selain itu, E. coli sering juga mengkontaminasi daging atau sayuran yang belum matang betul saat dimasak. Jika kamu terkena diare, keram perut, hingga mual dan muntah, kemungkinan besar kamu sudah terjangkit E. coli. Mungkin kamu akan disarankan untuk tes laboratorium untuk melacak bakteri ini. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan atau setelah mengolah bahan mentah.

P. aeruginosa
Bakteri satu ini suka pada kondisi lembab. Makanya P. aeruginosa sering ditemui di permukaan peralatan kamar mandi, kolam renang, bath tub, dan wastafel. Saat sistem kekebalan tubuh kita lemah, bakteri ini dapat menyebabkan penyakit serius. Contohnya gangguan pada pencernaan, pernafasan, bahkan pada sistem syaraf pusat. Untuk itu setelah menggunakan toilet atau berenang, pastikan Anda terbiasa membilas tangan dengan sabun.

S. typhimurium
Bakteri golongan Salmonella memang sering mengakibatkan penyakit pada manusia. Apalagi bakteri yang satu ini. S. typhimurium adalah bakteri penyebab demam tifus yang bisa menyebabkan kematian. Penyebarannya dapat melalui cairan, makanan, atau minuman yang terkontaminasi. Sehingga biasanya di rumah bisa ditemukan di kloset kamar mandi, tempat sampah, dan peralatan makan yang tak bersih dicuci. Anda dan buah hati mungkin terkena tifus jika menunjukkan gejala demam tinggi menjelang sore, mual, lemas, dan linu persendian.

H5N1
Nama virus H5N1 mungkin lekat di ingatan kita sejak peristiwa merebaknya wabah flu burung alias Avian Influenza dari tahun 2003 lalu. Virus ini memang jadi penyebab penyakit flu mematikan pada unggas, bahkan bisa menjangkiti manusia. Menurut data Kemenkes, di Indonesia sendiri flu burung sudah memakan korban jiwa ratusan orang sejak awal kemunculannya. Untuk mencegah virus ini menular, rajinlah bersihkan kandang unggas di rumah dan gunakan masker jika di sekitar rumah ada unggas yang mati dengan gejala flu burung.

Agar Anda dan keluarga tetap terhindari dari penularan dan penyebaran bakteri serta virus di atas, selalu utamakan kebersihan di rumah tinggal. Biasakan mencuci tangan sebelum makan atau memasak, setelah buang air atau keluar dari kamar mandi, serta mencuci bahan makanan sebelum diolah. Agar kuman tak kembali lagi, gunakan SOS Handsoap Antibacterial yang ampuh 99% membasmi kuman!