Tips Tetap Sehat Menghadapi Cuaca Ekstrim

20-January-2020 Artikel


Awal tahun 2020 ini cuaca ekstrim terjadi di berbagai wilayah. Hujan deras, cuaca dingin dan berangin, kemungkinan masih akan mewarnai hari-hari Moms dan keluarga hingga beberapa waktu ke depan. Menghadapi cuaca ekstrim seperti ini, Moms harus punya kiat untuk menjaga keluarga tetap sehat! Simak tips tetap sehat hadapi cuaca ekstrim berikut ini

  1. Penuhi kebutuhan gizi

Makanan dan gizi yang baik, layaknya ‘amunisi’ yang harus terisi penuh untuk menghadapi cuaca ekstrim. Jika gizi terpenuhi dengan baik, maka kesehatan dan daya tahan tubuh otomatis lebih terjaga. Moms bisa menyiapkan asupan gizi yang baik untuk keluarga dengan mengolah bahan makanan bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Pastikan juga keluarga tidak jajan sembarangan karena virus dan bakteri berkembang pesat di saat cuaca ekstrim. Ingatkan keluarga untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih dan jika perlu, konsumsi multivitamin tambahan.

  1. Cukup istirahat

Kurang istirahat dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, cukupkan waktu istirahat Moms dan keluarga serta hindari tidur terlalu malam. Idealnya, tidurlah selama 7-8 jam sehari agar tubuh lebih segar setelah beraktivitas. Sedangkan lama waktu tidur untuk anak idealnya selama 9-12 jam (gabungan dari tidur siang dan malam) agar kondisi tubuh dapat kembali optimal.

  1. Persiapan ke luar rumah

Satu hal yang tidak boleh Moms abaikan saat cuaca ekstrim adalah jangan sampai bepergian tanpa persiapan. Bawalah payung, topi, atau jas hujan ketika keluar rumah untuk berjaga-jaga karena cuaca sangat mudah berubah. Meski ketika Moms keluar rumah dalam kondisi cerah, namun dalam hitungan menit dapat berubah hujan dan sebaliknya. Itu sebabnya pergilah dengan persiapan sehingga Moms dan keluarga tidak kewalahan menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim tersebut.

  1. Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri adalah cara paling efektif untuk menghindari penularan penyakit. Salah satu caranya adalah dengan rajin mencuci tangan. Ya, mencuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah makan saja, tetapi juga setelah bepergian, menyentuh benda-benda yang kotor, menggunakan fasilitas umum, mengganti popok bayi, bersalaman dengan orang lain dan sebagainya. Cuci tangan dengan bersih dan benar mengunakan air mengalir dan S.O.S Hand Wash Antibacterial untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Jika situasi belum tidak memungkinkan Moms segera mencuci tangan, Moms bisa juga menggunakan S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic yang dapat membunuh kuman secara cepat tanpa air atau S.O.S Hand Sanitizer Gel yang kemasannya pas dibawa ketika bepergian. S.O.S Hand Wash Antibacterial telah diuji di laboratorium efektif menghilangkan kuman E.coli, S.aures, P.aeruginosa, S.typhimurium dan Virus Avian Influenza H5N1.

  1. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan

Selain tubuh, rumah adalah salah satu yang perlu Anda jaga kebersihannya. Sebab di rumahlah para anggota keluarga menghabiskan sebagian besar waktunya setiap hari. Pastikan membersihkan lantai rumah setiap hari dengan cara menyapu kemudian dipel menggunakan S.O.S Pembersih Lantai Sereh. Di tengah cuaca ekstrim, serangga justru kerap muncul dan aroma yang dimiliki S.O.S Pembersih Lantai Sereh tidak disukai serangga sehingga rumah Moms akan terbebas dari kehadirannya yang mengganggu. Sementara itu, untuk area kamar mandi, Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan S.O.S Karbol Wangi yang beraroma Classic Pine dan Lemon Pine.

Produk-produk pembersih dari S.O.S telah teruji klinis dapat membunuh kuman S. Aures (penyebab masalah pada kulit), E. Coli (penyebab diare / masalah pencernaan), P. Aeruginosa (penyebab infeksi pada saluran pernafasan), S. Typhimurium (penyebab demam tifus) sehingga dapat diandalkan untuk melindungi keluarga di rumah. Dapatkan rangkaian produk S.O.S di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.