Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun dan Hand Sanitizer

23-April-2020 Artikel


Moms mungkin sudah tahu bahwa cara paling efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19 adalah mencuci tangan dengan ar mengalir dan sabun. Namun hand sanitizer  dengan kandungan alkohol 60% atau lebih juga tak kalah afektif dan menjadi hal yang wajib di tengah pandemik seperti saat ini. Sebenarnya, kapan saja waktu yang tepat untuk mencuci tangan dan kapan waktunya menggunakan hand sanitizer? Moms bisa membaca artikel ini sampai selesai!

Waktu untuk mencuci tangan

  1. Ketika memasak dan menyiapkan makanan, sebaiknya Moms mencuci tangan dengan sabun terlebih dulu. Selain dapat membersihkan secara efektif, tangan yang telah dicuci dengan air dan sabun juga relatif lebih aman digunakan saat menyentuh bahan-bahan makanan.
  2. Jika tidak dalam situasi terdesak, mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan lebih dianjurkan. Namun jika situasi tidak memungkinkan seperti hendak makan di dalam kendaraan misalnya, Moms boleh juga menggunakan hand sanitizer, namun pastikan tangan sudah kering dan hand sanitizer sudah meresap sebelum menggunakan tangan untuk makan.
  3. Terkadang Moms juga dihadapkan pada situasi harus merawat anggota keluarga yang sakit atau mungkin sekedar merawat luka ketika si Kecil terjatuh. Sebaiknya, cuci tangan sebelum dan setelah melakukannya ya!
  4. Mencuci tangan setelah selesai dari toilet khususnya setelah buang air, mengganti popok anak, ataupun membersihkan kotoran anak setelah buang air, hukumnya wajib! Selain membuat tangan kotor, toilet atau kamar mandi juga memiliki kondisi lebih lembap dibanding ruangan lainnya sehingga rawan menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri.
  5. Setelah menyentuh hewan peliharaan, makanan, kandang, dan barang-barangnya, Moms harus mencuci tangan sekalipun hewan tersebut telihat bersih.

Waktu untuk menggunakan hand sanitizer

  1. Sebelum, selama, dan sesudah mengunjungi rumah sakit. Jika saat ini Moms mengalami situasi terdesak seperti ini, maka usahakan membersihkan tangan sesering mungkin karena setiap tempat di rumah sakit berisiko menjadi tempat menempelnya virus dan bakteri. Bawa dan gunakan selalu hand sanitizer.
  2. Tangan Moms mungkin tak sangaja terpapar kotoran sebelum naik ke kendaraan. Jadi sebelum memegang kemudi, bersihkan dulu tangan dengan hand sanitizer agar virus dan bakteri tidak terpapar ke bagian dalam mobil.
  3. Sebelum makan dan minum di dalam kendaraan, pastikan Anda mencuci tangan dengan hand sanitizer.
  4. Segera setelah turun dari kendaraan umum bersihkan tangan dengan hand sanitizer karena sangat mungkin terpapar kuman dan virus di dalam transportasi publik.
  5. Selama bekerja menggunakan laptop dan barang lain di meja kerja, tangan bisa saja menjadi kotor namun Anda juga tak mungkin bolak-balik mencuci tangan, di saat seperti ini siapkan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Tidak bisa dipungkiri ada kondisi yang mengharuskan kita untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, dan ada pula kondisi yang tidak memungkinkan untuk kita segera mencuci tangan. Itulah kenapa membawa hand sanitizer kemanapun di tengah pandemik ini adalah hal yang sangat penting.

 

Kini, S.O.S mengeluarkan varian baru hand sanitizer dalam bentuk spray, yaitu S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic Spray. Terbukti efektif membunuh virus dan bakteri* dengan kandungan alkohol 73%. Membuat tangan kita bersih higienis terhindar dari virus dan kuman hanya dengan menyemprotkan tanpa harus dibilas dengan air. Formulanya tidak membuat kulit keringampuh membunuh virus dan kuman dalam 20 detik. S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic telah teruji klinis di laboraturim mampu membunuh virus & kuman: E.coli (Penyebab diare), S.aureus (penyebab infeksi kulit), P.aeruginosa (penyebab infeksi saluran pernapasan), S.typhimurium (penyebab demam tifus) dan Virus Avian Influenza H5N1 (penyebab flu burung).

Segera dapatkan S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic Spray dari rumah melalui Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee!