Wajib Tahu, Ini Perbedaan Disinfektan dan Antiseptik

23-April-2020 Artikel


Disinfektan dan antiseptik adalah dua kata yang semakin familiar di telinga kita di tengah pandemi COVID-19 ini. Kita pun berbondong-bondong mencari, membeli, bahkan meracik sendiri keduanya. Namun, apakah Moms sudah benar-benar tahu fungsi disinfektan dan antiseptik, serta perbedaan keduanya? Nah, simak penjelasan berikut ya, Moms!

Jika selama ini Moms teah mengetahui bahwa disinfektan dan antiseptik mampu membunuh mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan kuman, maka ya—hal itu benar. Namun tahukah Moms bahwa keduanya memiliki fungsi spesifik yang berbeda?

Perbedaan fungsi

Disinfektan adalah zat kimia yang digunakan membunuh virus dan kuman pada benda mati, sedangkan antiseptik merupaka senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan virus dan kuman pada jaringan yang hidup, seperti permukaan kulit atau pun bahan yang digunakan (bersentuhan langsung) dengan kulit manusia. Jadi meskipun keduanya sama-sama dapat membunuh virus dan kuman, namun praktik penggunaannya dilakukan pada hal yang berbeda.

Cara penggunaan

Dikarenakan tujuan penggunaan yang berbeda tersebut, maka cara penggunaannya pun tidak bisa disamakan. Untuk antiseptik, Moms dapat menyemprotkan (spray) atau menuangkan (gel atau cair) langsung pada bagian luar tubuh manusia  atau benda, misalnya di telapak tangan. Sementara untuk menggunakan disinfektan, Moms dapat menggunakannya dalam 2 cara sesuai dengan kebutuhan. Pertama, melarutkan dalam air dengan komposisi tertentu sebelum disemprotkan pada benda, misalnya perabot rumah, furnitur, dan lainnya. Kedua dengan cara menyemprotkan atau menyiramkan langsung pada area ruangan atau permukaan benda yang ingin dibersihkan, misalnya lantai kamar mandi, atau pojok-pojok ruangan.

S.O.S Sahabat Moms dalam Menjaga Keluarga

Dengan penjelasan tersebut, kini Moms sudah tahu bukan perbedaan fungsi dan cara penggunaan disinfektan dan antiseptik? Untungnya, S.O.S memahami kebutuhan Moms dengan memproduksi berbagai jenis cairan pembersih sesuai dengan fungsinya. Untuk membersihkan tangan dan bagian tubuh lainnya Moms dapat menggunakan S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic Spray atau S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic Gel yang praktis untuk dibawa kemana saja, Sedangkan S.O.S Hand Sanitizer Antiseptic cair dalam kemasan besar (500ml dan 1 liter) cocok untuk digunakan seluruh keluarga di rumah.

Untuk kebutuhan membersihkan benda-benda mati dan ruangan, S.O.S juga memiliki S.O.S Karbol Wangi Classic Pine dan S.O.S Karbol Wangi Lemon Pine. Karbol wangi dari S.O.S ini memiliki kandungan  bahan aktif Pine Oil, Benzalkonium Chloride (BKC), dan Chlorine yang dapat digunakan sebagai disinfektan. Moms bisa menggunakannya sebagai campuran untuk mengepel lantai, menyikat lantai kamar mandi, ataupun disemprotkan pada benda di sekitar untuk membunuh virus dan kuman. Seluruh rangkaian produk S.O.S telah teruji klinis di laboraturim mampu membunuh kuman & virus: E.coli (Penyebab diare), S.aureus (penyebab infeksi kulit), P.aeruginosa (penyebab infeksi saluran pernapasan), dan S.typhimurium (penyebab demam tifus).

Nah Moms, sudah siapkan melindungi keluarga dari virus bersama S.O.S? Dapatkan produk-produk S.O.S dari rumah melalui Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee!