Do's and Don'ts Menggunakan Disinfektan Spray

15-February-2021 Artikel


Disinfektan spray memang salah satu cara yang efektif untuk mencegah virus. Namun jika tidak dilakukan dengan benar, maka hasilnya tidak akan optimal. Daripada salah, sebaiknya perhatikan do’s and don’ts menggunakan disinfektan spray yang benar berikut ini!

Do’s:

  • Perhatikan permukaan yang hendak dibersihkan. Apakah sangat kotor atau tidak? Misalnya, ingin membersihkan permukaan meja, namun ada banyak sisa remah makanan. Sebaiknya bersihkan dulu remah makanan dengan cairan pembersih dan lap, kemudian baru semprotkan disinfektan. Ingatlah bahwa fungsi disinfektan untuk menghilangkan virus dan kuman, bukan kotoran atau debu.
  • Lakukan disinfeksi rutin terhadap permukaan atau objek yang sering disentuh di lingkungan keluarga. Contohnya: meja, gagang pintu, remote TV, sakelar lampu, meja dapur, telepon, keyboard, toilet, keran, wastafel, dan lainnya.
  • Untuk mendisinfeksi gadget, sebaiknya lakukan semprotan dari jarak 15-20 cm. Hindari menyemprot dari jarak yang terlalu dekat apalagi menempel, untuk menghindari kerusakan.
  • Usahakan untuk mengurangi kontak langsung cairan disinfektan dengan permukaan tubuh. Khususnya jika memiliki kulit sensitif, penggunaan sarung tangan sekali pakai saat menyemprotkan disinfektan spray bisa membantu melindungi dari iritasi.
  • Setelah selesai melakukan proses disinfeksi, lepas sarung tangan dan cuci tangan dengan benar terlebih dahulu menggunakan air dan sabun minimal selama 20 detik.

Don’ts

  • Jangan menyemprotkan langsung disinfektan spray ke tubuh karena disinfektan tidak digunakan untuk tubuh melainkan benda. Apabila ingin mendisinfeksi jaket atau helm, pastikan sudah dilepaskan dari tubuh sebelum disemprot.
  • Jangan sampai cairan disinfektan terkena ke permukaan kulit yang terbuka seperti mulut, hidung, dan mata.
  • Jauhkan cairan disinfektan dari makanan atau minuman dan jangkauan anak-anak.
  • Simpan disinfektan di tempat dengan suhu ruangan sekitar 20-22°C (room temperature)

Sudah paham kan do’s and don’ts menggunakan disinfektan spray yang benar? Dengan menerapkan cara yang tepat, maka hasilnya akan lebih optimal sekaligus aman digunakan. Untuk disinfektan spray yang terbaik, pilih saja SOS Disinfectant Spray All In One Eucalyptus yang mengandung Eucalyptus Oil yang terkenal efektif membunuh kuman & virus. Dapat digunakan pada benda-benda permukaan halus maupun kasar. Aroma Eucalyptus yang segar dapat menghilangkan bau, mengharumkan dan menyegarkan ruangan. Formulanya cepat kering sehingga tidak perlu dilap setelah disemprotkan. Telah teruji di laboratorium efektif 99,9% membunuh bakteri dengan cepat (termasuk MRSA) dan Virus Influenza H5N1.