7 Penyakit yang Mungkin Timbul Akibat Tidak Mencuci Tangan dengan Sabun

03-March-2021 Artikel


Mencuci tangan semakin disarankan semenjak pandemi COVID-19. Sebab, tangan yang kotor tidak hanya bisa menularkan virus COVID-19, tetapi juga berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berikut ini adalah 8 penyakit yang mungkin timbul akibat tidak mencuci tangan dengan sabun.

  1. Mudah kena flu
    Salah satu alasan utama rajin mencuci tangan adalah untuk meminimalkan perpindahan virus dan bakteri melalui tangan kita. Jika jarang cuci tangan, perpindahan virus atau bakteri ini akan membuat kita lebih mudah tertular flu.
  2. Diare
    Selain flu, masalah kesehatan lain yang melalui proses serupa adalah diare. Gangguan saluran pencernaan salah satunya ialah disebabkan oleh perpindahan virus atau bakteri dari dan melalui tangan kita hingga masuk ke saluran pencernaan oleh makanan yang kita pegang. Lebih buruk lagi, mungkin saja mengalami keracunan makanan.
  3. Hepatitis A
    Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus yang sangat menular pada organ hati. Salah satu proses yang memicu hepatitis A ialah virus dan bakteri yang masuk dan menulari tubuh akibat kita jika jarang mencuci tangan.
  4. Terinfeksi bakteri E.coli
    E.coli atau Escherichia Coli adalah bakteri yang menyebar dari kotoran satu orang ke orang lain. Tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum akan membuat Anda mudah terinfeksi bakteri ini.
  5. Tifus
    Cairan yang dikeluarkan tubuh mengandung banyak kuman, terutama saat kamu terinfeksi suatu penyakit. Begitu pula dengan tubuh orang lain. Saat kamu jarang cuci tangan, maka akan muncul penyakit yang disebabkan oleh cairan tubuh seperti tifus
  6. Impetigo
    Impetigo adalah infeksi menular yang biasa terjadi pada anak-anak yang jarang mencuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan kulit kemerahan yang kemudian berkembang menjadi lecet kecil.

Ternyata cukup banyak penyakit yang mungkin terjadi akibat tidak mencuci tangan dengan. Itu sebabnya kita tidak boleh lalai dalam menjaga kebersihan. Untuk sabun cuci tangannya, pilih SOS Hand Wash Anti Bacterial yang teruji klinis 99% efektif membunuh kuman dan bakteri S. Aureus, E. coli, P. Aeruginosa dan membunuh virus Avian influenza H5N1. Mengandung Vitamin E yang mampu merawat tangan agar tetap halus dan lembut. Wangi buah dan daun mint dapat menghilangkan bau tak sedap di tangan. Dapatkan SOS Hand Wash Anti Bacterial di BlibliLazadaTokopedia, dan Shopee!

Sumber: promkes.kemkes.go.id