5 Cara Membersihkan Rumah Menjelang Hari Raya

30-April-2019 Artikel


Bersih-bersih menjelang hari raya adalah agenda wajib yang tak boleh dilewatkan. Melelahkan memang, oleh karena itu Moms harus merencanakannya jauh-jauh hari. Jangan sampai ketika Hari Raya sudah dekat, baru terasa kelimpungan! Supaya bersih-bersih tidak menjadi beban dan lebih menyenangkan, Moms bisa coba tips berberes berikut ini.

  1. Ruangan demi ruangan

 

Membersihkan seluruh ruangan rumah sekaligus bukan hanya menyita waktu, tetapi juga sangat melelahkan. Untuk membuatnya jadi lebih mudah, ada baiknya Moms ‘mencicil’ kegiatan bersih-bersih ini dan membaginya berdasarkan ruangan. Misalnya saja, jika Moms adalah seorang ibu bekerja yang hanya punya waktu luang di akhir pekan, maka Moms bisa membereskan rumah berdasarkan ruangan yang paling jarang kotor. Misalnya ruang tamu dan kaca-kaca rumah dulu, kemudian kamar tidur anak dan lemari, dan seterusnya hingga semua ruangan bersih dalam waktu 2-3 minggu. Sisakan dapur sebagai ruangan yang paling terakhir dibersihkan, karena masih digunakan untuk memasak setiap hari hinggi hari raya nanti.

  1. Minta bantuan keluarga

 

Jangan segan lho minta bantuan suami dan anak untuk turut membantu membersihkan rumah. Minta suami melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan memindahkan perabotan berat atau membersihkan halaman. Sementara anak dapat ditugaskan untuk membereskan mainan dan kamarnya sendiri sebagai bentuk latihan kemandirian. Bukan hanya bikin kerja Moms jadi lebih ringan, tetapi juga bisa meningkatkan kedekatan & tanggung jawab dalam keluarga.

  1. Sumbangkan barang lama

Bukan hanya kotoran yang perlu dibersihkan lho, Moms. Barang-barang lama yang sudah jarang atau tidak dipakai lagi juga perlu ‘dibersihkan’. Jangan malas menyortir barang Moms, mulai dari pakaian hingga peralatan rumah tangga. Buang jika memang sudah tak layak pakai, namun jika kondisinya masih baik, Moms bisa menyumbangkannya pada pihak yang memerlukan.

  1. Panggil tenaga profesional

Moms mungkin membutuhkan bantuan jasa profesional untuk membersihkan bagian tertentu, misalnya mengusir tungau kasur, servis perabot elektronik, atau memangkas rumput di halaman. Jika ya, lakukanlah sejak jauh hari, misalnya di awal Ramadan. Sebab semakin dekat dengan hari raya, bisa saja Moms kesulitan mendapatkan giliran karena jadwal tenaga profesional yang sudah full juga libur menjelang hari raya.

  1. Segarkan dengan ‘tema’ baru

Setelah rumah bersih, buatlah penyegaran dengan menciptakan tema baru bagi rumah Moms. Tidak perlu perubahan besar seperti mengganti warna cat dinding. Moms bisa melakukan perubahan kecil tetapi signifikan. Misalnya mengganti warna sarung bantal di sofa, mengeluarkan peralatan makan yang baru atau jarang dipakai, mengganti tapalak meja, atau meletakkan bungan segar. Meski kelihatannya sepele, namun ternyata dapat memberi sentuhan ‘segar’ bagi hunian Moms.

Untuk membersihkan lantai rumah, percayakan saja pada S.O.S Pembersih Lantai Sereh. Bukan hanya membersihkan dan membuat lantai rumah terlihat kinclong, namuan S.O.S Pembersih Lantai Sereh juga mampu membunuh kuman dan mengusir serangga pengganggu di rumah seperti semut, nyamuk, lalat, dan kecoa. Segera dapatkan S.O.S Pembersih Lantai Sereh di Blibli, Lazada, tokopedia, dan Shopee dan rasakan nyamannya memiliki hunian yang bersih, harum, dan bebas serangga.